Transfer Uang di Bawah Rp 100 Juta Lewat Jam 16.00, Sampainya Besok

uangSudah tahukah anda? Mulai 15 Desember 2014, transfer uang di bawah Rp 100 juta antar bank tidak lagi memakai BI Real Time Gross Settlement (RTGS). Bank Indonesia (BI) mengeluarkan aturan baru, yang mengarahkan transfer uang di bawah Rp 100 juta antar bank memakai Sistem Kliring Nasional Bank Indonesia (SKNBI).

Trus apa efeknya?
Dengan sistem baru ini maka pengiriman uang antar bank membutuhkan waktu minimal dua hari kerja alias baru sampai esok hari.

Sebagaimana kita ketahui bahwa selama ini pengiriman uang di Indonesia dilakukan melalui dua cara, yaitu melalui sistem kliring dan RTGS.

SKNBI atau LLG (Lalu Lintas Giro) merupakan proses transfer dari rekening kita ke rekening di bank lain melalui mekanisme kliring. Proses kliring (clearing) adalah tindakan bank untuk mengecek apakah saldo yang hendak ditransfer itu cukup atau tidak.

Kekurangannya proses ini memakan waktu yang lebih lama untuk sampai di rekening tujuan, yakni sekitar 2-3 hari kerja. Selain itu kekurangannya adalah proses LLG harus disesuaikan dengan jadwal kliring bank itu sendiri. Keuntungannya, biaya lebih murah.

Proses kedua adalah RTGS, singkatan dari Real Time Gross Settlement. Uang dari rekening kita akan dipindahkan ke rekening tujuan secara real time atau saat itu juga.

Real time maksudnya bukan berarti pada jam dan menit yang sama. Melainkan membutuhkan beberapa jam untuk memindahkan uang sampai rekening tujuan. Waktu yang cepat jadi kelebihan RTGS.

Meski demikian, BI menyatakan sistem kliringnya sudah bisa melayani pengiriman uang di bawah Rp 100 juta bisa sampai di hari yang sama dengan settlement tiap dua jam setiap hari, mulai pukul 10.00 sampai 16.00.

Pengiriman uang dengan sistem kliring bisa memakan waktu dua hingga tiga hari kerja. Namun guna menyiasatinya BI akan melakukan settlement setiap dua jam sekali, yaitu pukul 10.00, 12.00, 14.00, dan 16.00.
Tiap dua jam diproses, kecuali kalau transfernya jam 4 sore, maka diproses besok paginya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s