Tips Jitu Agar Tidak Ngantuk Di Kantor Selain Minum Kopi

Kerja merupakan sebuah rutinistas yang sulit untuk dihindari bagi sebagian besar masyarakat. Banyak pekerjaan di kantor yang mungkin sudah menunggu kita di senin yang cerah ini. Akan tetapi, Melakukan bertumpuk-tumpuk pekerjaan yang hampir sama setiap hari tentu kerap membuat tubuh terasa lelah. Rasa kantuk pun seringkali muncul. Jika selama ini kita sering mengatasinya dengan minum kopi, kini saatnya Anda menerapkan cara-cara lain. Apa saja itu?

Berikut 7 cara yang bisa kita lakukan untuk melawan rasa pusing dan mengantuk di kantor.

1. Selalu aktif bergerak

Meskipun pekerjaan seringkali ‘memaksa’ Anda untuk tetap duduk di depan komputer, sempatkan juga untuk berjalan-jalan ke meja rekan kerja. Selain itu, manfaatkan juga tangga daripada lift untuk naik dan turun lantai ruang kerja. Dan jika kita menggunakan kendaraan bermotor, biasakan untuk memarkirkannya sedikit lebih jauh.

Meskipun kebiasaan-kebiasaan ini tampak sepele, jika kita terapkan setiap hari turut memberikan pengaruh cukup signifikan terhadap metabolisme tubuh lho.

2. Siapkan camilan

Jika kita terbiasa hanya makan besar 3 kali dalam sehari, maka tambahkan makan makanan kecil atau camilan lebih kurang 3 kali dalam jeda waktu makan besar tersebut. Dengan begitu, sistem pencernaan yang juga berperan dalam pembakaran kalori dan metabolisme juga turut aktif. Siapkan camilan berupa buah-buahan segar atau biskuit untuk menu camilan di kantor. Yang perlu diperhatikan, camilan ini bukan berupa mie ayam atau bakso, karena ada sebagian orang yang menganggap bahwa mie ayam termasuk cemilan.

3. Sarapan sehat setiap pagi

Sesibuk apapun kita di pagi hari, sediakan waktu untuk sarapan ya. Jika kita berpikir sarapan tidak memberikan manfaat bagi metabolisme tubuh, maka itu adalah salah besar.

Membiasakan diri untuk sarapan setiap pagi akan membuat metabolisme tubuh sampai menjelang makan siang tetap terjaga. Selain itu, tidak sarapan akan membuat konsentrasi kita untuk bekerja di pagi hari menurun, jika dibandingkan dengan kita sarapan terlebih dahulu.

Siapkan menu sarapan yang ringan dan tidak terlalu ‘berat’ seperti bubur, oatmeal, atau roti gandum.

4. Olahraga setiap akhir pekan

Jika pada hari kerja kita selalu tak sempat untuk olahraga dengan alasan padatnya pekerjaan, maka setidaknya sediakan waktu di akhir pekan untuk berolahraga. Beberapa contoh latihan yang bisa dilakukan di antaranya tenis, futsal, badminton, berenang atau joging, berlari dan yoga.

5. Tidur tepat waktu

Biasakan untuk menyelesaikan pekerjaan hanya di kantor dan jangan membawanya sampai ke rumah, apalagi sampai membuat kita bergadang atau tidur larut malam. Istirahat yang cukup sangat penting jika kita ingin memiliki tubuh bugar keesokan harinya.

Banyak studi juga menunjukkan kurang tidur menyebabkan kerusakan pada produksi hormon leptin dan ghrelin, sehingga mengakibatkan kita menjadi tak bersemangat dan lapar terus-menerus. Efeknya, kita selalu merasa lelah dan berat badan pun tanpa disadari meningkat.

Mungkin ini juga yang tidak disadari oleh sebagian orang, bahwa tidur yang kurang malah bikin gemuk lho..

Gimana sobat? Mudah bukan… mari kita coba..🙂

Bagaimana kalau masih ngantuk? Coba tips berikutnya yaitu

6. Ambil Wudhu Kemudian  Sholat

Yups.. dengan membasuh muka kita untuk berwudhu maka otot saraf kita akan kembali bangun.. dengan begitu maka setelah sholat kita bisa kembali bekerja dengan lebih lancar.

7. Tidur Sebentar

Ini jurus terakhir yah.. Yups.. apabila keenam cara diatas masih belum bisa juga, ada baiknya sempatkan waktu barang 10 menit untuk tidur sebentar.

nanti setelah tidur segera cuci muka, dipastikan kondisi akan kembali siap untuk bekerja..

One thought on “Tips Jitu Agar Tidak Ngantuk Di Kantor Selain Minum Kopi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s