Cara Mudah Stop Cegah Cegukan Dengan Menelan Sendok

Cegukan..

Sebuah hal sederhana tapi bisa bikin salting atau minder apabila itu terjadi di depan khalayak ramai. bukan? Cegukan adalah gejala umum yang pernah dirasakan semua orang. Hampir setiap orang pernah mengalami cegukan. Kondisi ini sebenarnya tidak berbahaya, namun cukup memalukan.

Sayangnya, cegukan seringkali datang tiba-tiba tanpa diduga. Itulah kenapa Anda perlu mengetahui cara untuk menghentikannya dengan segera.

Menurut ilmu kesehatan, Cegukan sejatinya terjadi saat ketika diafragma, otot di dasar paru-paru, mengalami kejang. Kekejangan itu menyebabkan pita suara menutup dengan cepat dan terdengarlah suara keras cegukan.

Salah satu cara yang paling efektif untuk menghentikan cegukan adalah dengan menelan satu sendok gula. Ini karena saat menelan gula yang lengket, irama bernapasan akan berubah sehingga cegukan pun akan berhenti. Sensasi manis yang ditimbulkan dari gula juga dapat membuat cegukan berhenti.

Selain itu, tak jarang saat cegukan datang, orang di sekitar mengagetkan Anda untuk menghentikannya. Upaya itu ternyata bukan hanya mitos, karena pada dasarnya kejutan dapat mengagetkan saraf vagus dan cegukan pun terhenti. Kejutan juga dapat mengalihkan perhatian Anda artinya sistem saraf juga terdistraksi.

Dilansir Kompas, cara lain yang bisa digunakan adalah menjulurkan lidah sepanjang-panjangnya untuk merangsang tenggorokan yang berhubungan dengan saluran hidung untuk menghentikan cegukan. Menutup telinga dengan jari, menahan napas, dan minum air tanpa bernapas juga membantu mengatasinya dengan cepat.

Beberapa cara di atas pernah disarankan dalam wikipedia.org, yang secara rinci disebutkan ada 12 cara menghentikan cegukan. Yakni:

  1. Menahan napas, karena dengan menahan napas maka kadar karbondioksida di dalam darah meningkat, sehingga kecegukan berhenti.
  2. Bernapas di dalam kantong kertas.
  3. Minum segelas air dingin dengan perlahan sedikit demi sedikit.
  4. Mengunyah roti kering atau es batu yang diserut.
  5. Menarik lidah dengan tangan.
  6. Menggosok bola mata secara perlahan.
  7. Membalik posisi tubuh dengan meletakan kepala dibawah kaki diatas.
  8. Tidur berbaring dengan kedua lutut ditekuk ke arah perut.
  9. Menelan gula pasir kering di satu sendok teh.
  10. Mandi dan keramas dengan air yang diberi es batu.
  11. Berenang di air dingin dengan suhu 20-25 derajat minimal 20 menit.
  12. Bernafas dengan tenang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s