Penerimaan Taruna Baru Akademi Meteorologi dan Geofisika (AMG) 2014

Hayo ada yang tau tentang Akademi Meteorologi dan Geofisika (AMG) gak nih?

Yupz.. Akademi Meteorologi dan Geofisika (AMG) merupakan Perguruan Tinggi Kedinasan yang diselenggarakan oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika. Pada Tahun Akademik 2014/2015, AMG kembali memanggil putra putri terbaik dari seluruh Wilayah Republik Indonesia yang berminat untuk dididik menjadi ahli di bidang meteorologi, klimatologi, geofisika atau instrumentasi.

AMG menyelenggarakan program pendidikan pada jenjang Diploma III dan Diploma IV dengan program studi meteorologi, program studi klimatologi, program studi geofisika dan program studi instrumentasi. Pendidikan diselenggarakan dengan sistim paket yang diukur dalam Satuan Kredit Semester (SKS) dan ditempuh dalam waktu 6 (enam) semester untuk jenjang Diploma III dan 8 ( delapan) semester untuk jenjang Diploma IV. Seorang taruna dapat dinyatakan gugur (putus kuliah, dropout) jika pada semester tertentu melakukan pelanggaran disiplin, pelanggaran atas moral dan etika, dan atau secara akademik tidak dapat mencapai indeks prestasi yang ditentukan. Lulusan Diploma III berhak menyandang gelar Ahli Madya (A.Md) dan lulusan Diploma IV berhak menyandang gelar Sarjana Sains Terapan (S.S.T).

Tahun Akademik 2014/2015, AMG menerima taruna baru berikatan dinas melalui proses seleksi. Proses seleksi meliputi Test Kemampuan Dasar (TKD), Test Kemampuan Akademik (TKA), Test Kesehatan dan Wawancara. Seluruh rangkaian proses penerimaan diadakan mulai tanggal 3 Maret 2014 sampai dengan tanggal 26 Agustus 2014. Proses pendaftaran dilakukan secara on-line mulai tanggal 5 Maret 2014 sampai dengan tanggal 20 April 2014. Test Kemampuan Dasar akan dilaksanakan di 12 (dua belas) Kantor Regional Badan Kepegawaian Negara (BKN), sedangkan Test Kemampuan Akademik akan dilaksanakan di 19 (sembilan belas) lokasi Kantor UPT-BMKG di seluruh wilayah Indonesia.

Setelah menyelesaikan pendidikan, taruna akan diangkat sebagai Calon Pegawai Negri Sipil (CPNS) sesuai ketentuan yang berlaku, dan selanjutnya ditempatkan di unit pelaksana teknis (UPT) Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika di seluruh Indonesia. Biaya selama pendidikan ditanggung negara, dan akan diberikan tunjangan ikatan dinas atau tunjangan belajar sesuai ketentuan yang berlaku. Selama pendidikan tidak disediakan asrama

Syarat Umum Calon Taruna :

  1. Pria/Wanita, warga negara Indonesia, sehat jasmani dan rohani, tidak buta warna, tidak berkacamata.
  2. Umur tidak kurang dari 17 tahun dan tidak lebih dari 23 tahun pada tanggal 1 September 2014 (lahir setelah tanggal 31 Agustus 1991 atau sebelum tanggal 31 Agustus 1997).
  3. Belum menikah dan bersedia tidak menikah selama pendidikan.
  4. Bebas narkoba.
  5. Lulus atau akan Lulus SMA/Madrasah Aliyah (MA) jurusan IPA, atau SMK dengan kompetensi keahlian Teknik Elektronika Industri, Teknik Mekatronika, Teknik Jaringan Akses, Teknik Transmisi Telekomunikasi, Rekayasa Perangkat Lunak atau Teknik Komputer dan Jaringan.
  6. Lulusan SMK dengan kompetensi keahlian pada No. 5 tersebut hanya dapat mendaftar untuk jurusan Instrumentasi. Kompetensi keahlian selain tersebut pada no. 5 tidak akan diterima.
  7. Nilai Kognitif untuk Fisika, Matematika dan Bahasa Inggris di Klas XI semester 2 dan Klas XII semester 1 masing-masing minimal 70 (bukan hasil pembulatan atau hasil rata-rata).
  8. Tidak sedang menjalankan ikatan dinas dengan instansi lain.
  9. Tinggi badan minimal 163 cm untuk pria, dan 156 cm untuk wanita dengan berat badan seimbang.
  10. Bersedia bekerja di Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika sesuai ketentuan yang berlaku sejak dinyatakan lulus pendidikan, dan bersedia ditempatkan di mana saja di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia

Pendaftaran :

  1. Pendaftaran dilakukan secara online melalui website Panitia PTB-AMG-2014 dengan alamat http://ptb.amg.ac.id.
  2. Pendaftaran dapat dilakukan antara tanggal 5 Maret 2014 sampai dengan tanggal dengan tanggal 20 April 2014 jam 15.00 WIB.
  3. Calon harus terlebih dahulu yakin dapat memenuhi seluruh syarat butir (A). Apabila ternyata tidak memenuhi syarat tersebut, maka calon tidak akan diterima sebagai taruna, dan biaya pendaftaran yang telah disetorkan tidak dapat diambil kembali untuk alasan apapun.
  4. Sebelum melakukan pendaftaran secara online, persiapkan lebih dahulu alamat email yang masih berlaku dan file pasfoto berwarna dalam format jpg, dengan ukuran maksimum 500 KB.

Lebih lengkapnya silakan kunjungi websitenya di http://ptb.amg.ac.id/

Smoga sukses…

4 thoughts on “Penerimaan Taruna Baru Akademi Meteorologi dan Geofisika (AMG) 2014

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s