Penyakit Menakutkan Bagi Pria dan Cara Mencegahnya

Pria takut sama penyakit? Gak salah tuh?

Memank benar yang namanya penyakit gak perlu ditakuti, yang ada adalah bagaimana kita cegah atau hindari agar tidak menyerang kita, tapi gak ada salahnya kita mengetahui penyakit yang rawan menyerang pria.

Kali ini kita akan kupas lebih dalam tentang penyakit-penyakit apa saja yang diam-diam mengancam kesehatan Anda, khususnya para pria, sekaligus mengetahui bagaimana cara mencegah penyakit-penyakit tersebut.

Kanker Testis

Meski kanker testis menjadi salah satu penyakit yang ditakuti para pria, namun National Institutes of Health di Amerika memasukkannya sebagai penyakit yang jarang ditemui. Uniknya penyakit ini sering terjadi pada pria berusia 20-30 tahun.

Untuk mengobati penyakit ini biasanya dilakukan kemoterapi, terapi radiasi hingga pembedahan. Pengobatan kanker testis rata-rata memiliki tingkat keberhasilan 90 persen dan merupakan salah satu pengobatan dengan tingkat keberhasilan tertinggi di antara penyakit kanker lainnya.

Kanker Prostat

Kanker testis memang menakutkan, tapi ada kanker lain yang tidak kalah menakutkan bagi pria yakni kanker prostat. Sebagian besar pria yagn terdiagnosa kanker prostat adalah pria berusia di atas 50 tahun, kondisi ini terjadi lebih dari 50 persen.
Tapi bukan berarti usia di bawah 50 tahun aman dari ancaman penyakit ini. Risiko kanker prostat akan meningkat jika tidak diimbangi pola makan sehat dan olahraga teratur.

Lakukan pengecekan pada testis Anda secara berkala setelah selesai mandi. Temui dokter jika Anda menemukan gumpalan-gumpalan atau tonjolan yang terasa mengganggu dan abnormal. Susah buang air kecil dan terasa sakit ketika buang air kecil juga bisa menjadi gejala penyakit di atas. Deteksi dini sangat berpengaruh terhadap keberhasilan pengobatan kanker testis dan prostat.

Terbakar Sinar Matahari

Kulit yang terbakar api memang bukan penyakit umum. Bahkan Anda mungkin pernah berpikir tidak akan mengalaminya. Risiko pria mengalami kasus kulit terbakar api hanya terjadi 1 banding 9.000. Tapi kulit terbakar sinar matahari adalah kasus yang cukup banyak dijumpai. Beberapa di antaranya justru meningkat menjadi kanker kulit akibat paparan sinar UV.

Untuk mencegahnya, gunakan sunblock (tabir surya) yang mengandung SPF 30 atau lebih, terutama bagi Anda yang beraktivitas di bawah terik matahari langsung.

SPF adalah kependekan dari Sun Protection Factor. Angka-angka yang tertera pada krim tabir surya itu bukan menyatakan berapa banyak radiasi yang mereka tahan melainkan berapa lama kita dapat bertahan di bawah terik matahari sampai kulit kita menjadi kemerahan (erythema).

Apabila kita mengolesi tubuh dengan tabir surya ber-SPF 15, kita dapat bertahan di bawah terik matahari lima belas kali lebih lama dibanding jika tidak memakainya. Dengan SPF 30, kita dapat tinggal tiga puluh lebih lama dibanding jika tidak memakainya. Itu dua kali lebih lama dibandingkan SPF 15. Akan tetapi tabir surya ber-SPF 30 hanya menahan radiasi berbahaya 3% lebih banyak dibanding tabir surya dengan SPF 15.

Pastikan seluruh permukaan kulit Anda terlindungi. Bila perlu usapkan sunblock kembali setelah beberapa jam berada di luar ruangan.

Kanker Paru

Kanker paru adalah penyebab kematian terbesar setelah penyakit jantung. Bahkan kanker paru merupakan kanker paling mematikan di antara kanker lainnya seperti, kanker usus besar, prostat, pankreas dan leukimia). Kanker paru banyak diderita pria yang memiliki kebiasaan merokok. Bahkan orang yang tidak merokok pun berisiko terkena kanker paru jika sering berada dalam ruangan yang penuh asap rokok.

Tidak hanya pria, wanita yang aktif merokok pun memiliki risiko besar terserang kanker paru. Hingga pertengahan dekade ini, angka kematian wanita di Eropa akibat kanker paru-paru meningkat lebih tinggi daripada akibat kanker payudara.

Itulah pernyataan resmi dari hasil penelitian bersama dari Department of Epidemiology, University of Milan, Italia dan Cancer Epidemiology Unit, University of Lausanne, Swiss. Bahkan kondisi tersebut sudah terjadi di Inggris dan Polandia.

Kanker paru tidak hanya dipicu oleh asap rokok, polusi udara juga turut meningkatkan risiko penyakit ini. International Agency for Research on Cancer (IARC) mengutarakan bahwa pada tahun 2010, sekitar 223.000 kasus kematian diseluruh dunia disebabkan oleh kanker paru-paru akibat polusi udara, bahkan ada bukti yang meyakinkan polusi udara juga meningkatkan risiko kanker kantung kemih.

Mengonsumsi makanan organik seperti sayuran dan buah-buahan dapat membantu mengurangi risiko kanker paru-paru. Sebuah studi yang diterbitkan dalam International Journal of Cancer menunjukkan penurunan besar kejadian kanker paru-paru di antara mereka yang rajin mengonsumsi buah apel dan pir.

Impotensi

“Kemampuan untuk mencapai dan menjaga ereksi merupakan proses psikologis yang kompleks,” terang Elizabeth Selvin, Ph.D asisten profesor di sekolah kesehatan John Hopkins. Saat ini impotensi atau disfungsi ereksi tidak hanya terjadi pada usia paruh baya, di usia muda pun impotensi bisa terjadi.

Tim peneliti dari Universitas Vita-Salute San Raffaele, di Milan, Italia, menemukan setengah dari para pria yang mengeluhkan impotensi adalah dampak dari bertambahnya usia. Uniknya, peneliti juga menemukan faktor risiko lain yang dapat memperburuk kondisi impotensi bahkan di usia muda, yaitu kebiasaan merokok dan mengonsumsi obat-obatan terlarang.

Kenaikan risiko impotensi di usia muda merangkak naik dari 2 persen hingga 4 persen akibat gaya hidup tidak sehat tersebut. Peneliti menambahkan bahwa menghabiskan waktu lebih dari 20 jam selama seminggu did epan komputer memiliki risiko tinggi mengalami impotensi.

Peneliti mendata lebih dari 400.000 pria yang mengaku mengalami impotensi di sebuah klinik kesehatan. Sebanyak 26 persen dari jumlah tersebut diketahui berusia di bawah 40 tahun.

Untuk mencegahnya sebaiknya lakukan aktivitas fisik seperti olahraga secara teratur, terapkan pola makan sehat, dan jauhi stres sedini mungkin.

Kalau misalnya gak sempat olahraga dirumah atau di jalan, bisa juga kalau sudah sampai kantor gak perlu menggunakan lift, cukup melewati tangga saja.

Mudah bukan?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s