Melamun Membuat Lebih Pintar?

Apa yang akan kita lakukan seandainya lagi tidak ada pekerjaan? Kebanyakan dari kita pasti memilih melamun bukan? Melamun selama ini mendapatkan predikat yang tidak baik bagi sebagian orang karena melamun identik dengan kemalasan. Sebagian orang menganggap bahwa orang yang melamun adalah orang yang linglung.

Namun sebuah penelitian yang dilakukan di Harvard University mengatakan bahwa melamun adalah kegiatan yang membuat pikiran bahagia dan juga dapat membuat kita lebih pintar.Dalam sebuah teori psikologi yang diperkenalkan oleh Scott Barry Kaufman, profesor psikologi NYU dan penulis buku Ungifted Intelijen Redefined dijelaskan bahwa pada saat kita melamun wawasan, intuisi dan memori yang disimpan akan muncul sehingga otak akan bekerja dengan keras. Selain itu melamun seringkali membuat kita menjadi kreatif saat menciptakan bayangan dan khayalan tentang apa yang akan kita lakukan di masa depan. Melamun juga membuat kita menggali kembali memori atau kenangan yang ada di dalam otak saat kita merenungkan tentang hal-hal yang pernah kita alami. Hal ini diibaratkan dengan mengasah kembali ketajaman otak yang akhirnya membuat kita menjadi lebih pintart.

Teori Kaufman seperti yang telah dilansir dari huffingtonpost.com ini juga menyebutkan bahwa melamun memegang peran penting dalam pengembangan diri karena dengan melamun kita bisa melakukan improvisasi, evaluasi, perencanaan masa depan, tujuan yang akan kita capai, penalaran moral, dan mengevaluasi implikasi dari diri sendiri dan reaksi emosional orang lain.

“Melamun adalah kegiatan kesadaran yang membuat Anda merefleksikan tentang hal yang terjadi saat ini dan memvisualisasikan tentang masa depan,” terang Kaufman.

Jadi walaupun terlihat sebagai kegiatan pasif, ternyata melamun dapat membuat otak dan daya nalar kita menjadi aktif. Dan hasilnya otak kita menjadi lebih pintar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s