Inilah Alasan Penting Untuk Mengurangi Asupan Makanan Cepat Saji!

Hidup di kota besar seperti Jakarta, Bandung atau Medan memank identik dengan makanan cepat saji. Makanan cepat saji selain praktis memang memiliki rasa yang enak. Sehingga tak jarang orang menggemarinya. Makanan cepat saji memang lezat, tapi mengkonsumsi makanan cepat saji berlebihan berefek buruk bagi kesehatan. Inilah alasan penting mengapa kita harus mengurangi asupan makanan cepat saji demi kesehatan seperti dikutip dari  :

Sulit dicernaMakanan cepat saji mengandung banyak lemak trans dan juga pengawet yang sulit dicerna oleh tubuh dan mengakibatkan gangguan sistem pencernaan. Hal ini bisa mempengaruhi perut usus, serta hati dan bisa menyebabkan infeksi. Hii…

Menurunkan konsentrasi

Selain membuat tubuh kekurangan nutrisi, mengkonsumsi junk food juga menyantap junk food yang banyak mengandung lemak trans membuat tubuh harus bekerja ekstra dan mengeluarkan energi lebih banyak untuk mencernanya. Akibatnya cadangan energi berkurang tubuh menjadi ngantuk dan menurunkan konsentrasi. Junk food juga mempengaruhi kemampuan kognitif yang bisa mengurangi kefokusan.

Menurunkan sistem imun dan tubuh mudah lelah

Lebih suka mengkonsumsi makanan cepat saji dibandingkan makanan sehat dari rumah membuatmu kekurangan asupan nutrisi. Kekurangan nutrisi bisa mempengaruhi sistem kekebalan tubuh dan membuat tubuh rentan terserang penyakit. Dan membuat tubuh kurang bertenaga dan mudah lelah akibat sistem metabolisme tubuh yang ikut menurun

Resiko obesitas

Makanan cepat saji cenderung mengandung banyak lemak dan kalori yang tinggi sehingga memicu resiko obesitas. Dikutip dari health.kompas, sebuah burger yang bisa mengandung 500-700 kalori, kemudian minuman mengandung 60 hingga 150 kalori. Bahkan kentang goreng yang disajikan bisa mencapai 201 kalori. Gemar mengkonsumsi makanan cepat saji berarti membuatmu memiliki resiko kenaikan bobot tubuh lebih besar.

Resiko diabetes dan tekanan darah

Junk food mengandung banyak gula yang digunakan sebagai bahan pengawet. Selain itu sebagian besar makanan cepat saji mengandung kadar garam tinggi dua hal tersebut bisa membuat tubuh rentan terkena diabetes dan tekanan darah tinggi.

Mempercepat proses penuaan dini

Junk food menyebabkan seseorang kekurangan asupan gizi, sehingga menguras cadangan nutrisi dalam tubuh. Akibatnya kekurangan nutrisi tubuh melepaskan radikal bebas yang dapat membuat kulit kehilangan kilau alaminya.

So, masih mau makan makan cepat saji terus-terusan?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s