Cara Alami Mengobati Flu

Saat musim hujan tiba, kondisi daya tahan tubuh sering menurun. Cuaca yang cepat berganti, berkali-kali kehujanan dan udara dingin membuat kondisi kesehatan turun. Sakit yang sering hadir saat musim hujan adalah flu, dengan gejala bersin, batuk, hidung tersumbat, pilek, tubuh terasa nyeri dan pusing.

Pasti semua orang sudah pernah mengalaminya bukan? Lantas enak gak sih kalau lagi flu itu? Yang ada pengen dikeluarin semuanya kali yak..🙂

Gejala flu ringan tersebut bisa diatasi dengan berbagai obat yang dijual bebas, tetapi jika ada  cara alami mengatasi flu, bukankah itu lebih baik?Pernah ryan bahas sebelumnya dimana ada 6 cara yang tidak bisa mencegah flu datang kepada kita.. (bisa dibaca disini 6 Hal Ini Tak Mampu Cegah Flu)

Nah, berikut adalah beberapa alternatif buah yang bisa membantu menaklukkan flu. Dikutip dari abcnews.go.com, kelima buah ini berguna untuk mengatasi flu karena kandungan antioksidannya yang meningkatkan immune tubuh.

Buah apa sajakah itu?

Apel

Buah yang paling populer dengan kandungan antioksidan tinggi adalah apel. Di dalamnya terkandung sekitar 1.500 mg vitamin C yang dibutuhkan tubuh. Ada pula flavonoid yang membantu mencegah penyakit kanker dan jantung.

Pepaya

Si buah tropis yang mudah ditemukan ini mengandung sekitar 250% RDa vitamin C, yang membantu menendang virus flu keluar dari tubuh. Betakaroten, vitamin C dan E di dalam pepaya juga membantu mencegah peradangan di dalam tubuh, terutama pada pernafasan.

Cranberries

Buah yang ini mungkin memang jarang ditemukan di Indonesia. Namun, di beberapa supermarket buah sudah ada kok. Buah ini memiliki 5x kandungan vitamin C brokoli. Mampu meningkatkan jumlah bakteri baik di dalam tubuh, serta mencegah penularan virus lewat udara.

Grapefruit

Buah ini mirip seperti jeruk, hanya saja ukurannya lebih besar dan warna dagingnya lebih merah. Kaya kandungan vitamin C, serta mengandung zat yang disebut limonoids yang berfungsi menurunkan kolesterol. Warna merah di dalam daging buahnya merupakan sumber nutrisi terbaik untuk mengatasi kanker.

Kandungan vitamin C secara keseluruhan mampu meningkatkan sistem immune tubuh.

Pisang

Kaya kandungan vitamin B6, si buah pisang ini selain mampu membantu mengatasi flu juga membantu mengurangi stress, depresi dan insomnia. Karena kandungan magnesiumnya yang juga tinggi, pisang membantu memperkuat tulang. Potassium sendiri membantu mencegah penyakit jantung dan menjaga tekanan darah agar tetap normal.

Selain itu, ada yang lebih mujarab untuk mengobati flu yaitu dengan menikmati semangkuk sup ayam hangat. Sup ayam telah lama dipercaya meredakan gejala flu, rasanya yang segar dan hangat membuat tubuh terasa nyaman.

Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam American Journal of Therapeutics menemukan bahwa sup ayam mengandung unsur bernama carnosine yang dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh dan melawan flu. Selain itu, penelitian yang dilakukan tahun 1993 dalam Chest Journal menunjukkan bahwa mengonsumsi sup ayam dapat bekerja sebagai anti-inflamasi (anti radang) ringan serta menurunkan infeksi saluran pernapasan atas.

Sup ayam seperti apa yang bagus untuk meringankan gejala flu? Sup bening yang biasa disajikan dalam menu harian kita. Sup bening yang terdiri dari ayam, bawang, ubi jalar, lobak (keduanya bisa diganti kentang), wortel, seledri, daun bawang dan merica. Jadi jangan ragu mengonsumsi sup ayam hangat saat tubuh terasa tidak fit dan gejala flu mulai terasa.

Semangat…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s