Kebiasaan Sehat di Usia 20-an

Budaya hidup sehat pada usia 20-an? susah gak ya?

Yupz.. usia 20-an adalah usia emas untuk menikmati hidup, setiap detik terasa sangat berharga. Masa ini juga merupakan saat seseorang mulai suka dengan bergadang, maen game atau sekedar nongkrong. Bisakah itu menjamin kesehatan?

Asalkan dilakukan maksimal 1x seminggu sih gak masalah, tapi kalau tiap malam? sama saja merusak masa depan. Boleh sih sibuk tapi kita juga harus ingat dengan fisik kita. Berikut ada beberapa kebiasaan yang gak boleh kita lewatkan agar kondisi kita bisa tetap fit sampai 40-an tahun nanti.
1. Buatlah pilihan makanan sehat. Daripada memilih kue manis, jika memungkinkan pilihlah salad sayur atau kue yang mengandung banyak buah dan lemak yang rendah. Pilihlah keju, yoghurt, dan susu yang rendah lemak. Ada baiknya untuk memilih rpti gandum dibanding roti putih lainnya. Lainnya, pilih sayuran segar dibanding mengonsumsi sayuran olahan dalam kemasan.

2. Jumlah makan seimbang. Aturan sehat yang berlaku untuk diet adalah sarapan berat, makan siang ringan atau sedang, dan makan malam ringan lebih awal. Selain itu, sebisa mingkin hindari makan malam 3 hingga 4 jam sebelum tidur.

3. Konsumsi banyak air. Tubuh yang aktif membutuhkan air untuk membantu sistem metabolisme. Cukupi konsumsi air minimal 8 gelas per hari. Selain membuat Anda terhindar dari keinginan untuk mengemil, air yang cukup juga akan membantu tubuh untuk melancarkan pencernaan dan proses ekskresi. Air juga akan menghindari tubuh untuk dehidrasi.

4. Dengan energi melimpah pada usia ini, Anda dapat memilih rutinitas latihan fisik. Pilihlah campuran latihan kardio termasuk, aerobik dan beban. Untuk hasil yang lebih baik, berkonsultasi dengan pelatih kebugaran profesional dan melihat apa yang terbaik untuk Anda.

5. Katakan tidak untuk stres. Jalinan pertemanan yang kacau bisa saja menjadikan Anda stres. Selain menjadi awal depresi, stres bisa membuat nafsu makan Anda cenderung bertambah dan pada akhirnya akan menambah berat badan.

6. Biasakan untuk tidur malam yang cukup dan di jam yang sama setiap harinya. Hal itu akan menjauhkan Anda dari insomnia.

7. Nikmati gaya hidup sehat. Dalam kasus Anda ingin memiliki berat badan yang sehat, maka pertama-tama Anda harus memiliki gaya hidup sehat. Ini mempromosikan diet yang lebih baik, kontrol yang lebih baik atas pilihan makanan Anda dan metabolisme yang lebih baik.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s