Seperti Kacang, Makanan ini Picu Timbulnya Jerawat

Anda sedang bermasalah dengan jerawat? Atau anda tidak ingin bermasalah dengannya? Jerawat sangat umum terdapat pada anak-anak masa pubertas dan dianggap fisiologis oleh karena perubahan hormonal. Kadang makhluk yang satu ini memang sangat menyebalkan bukan?

Timbunan lemak di bawah kulit ini selain membuat kulit kasar, tidak rata juga tidak enak dipandang mata. Penderita umumnya mempunyai jenis kulit berminyak.

Salah satu faktor paling sering berpengaruh atas timbulnya jerawat, selain hormon adalah makanan. Nah, selain kacang, berikut beberapa makanan yang jika sering dikonsumsi bisa memicu timbulnya jerawat.Susu dan produk susu

Sejumlah penelitian menunjukkan kalau ada hubungan positif antara konsumsi susu dan jerawat. Kehadiran hormon dan molekul bioaktif lainnya dalam susu diduga menjadi sebab mengapa susu dapat memperparah jerawat.

Beberapa orang juga mengalami peradangan jerawat sebagai respon alergi karena mengkonsumsi protein susu.

Kafein

Kafin dalam minuman berperan memperparah jerawat yang mengganggu penamilan Anda. Pasalnya, kemampuan kafein untuk merangsang kerja-kerja adrenalin secara tidak langsung dapat mengakibatkan stres yang berujung pada jerawat.

Gula

Pemanis yang satu ini adalah kandungan zat yang lazimnya ada di hampir setiap jenis makanan. Sebenarnya tidak ada yang salah jika Anda mengkonsumsi gula ‘mentah’ dalam jumlah wajar. Gula mentah artinya gula yang terkandung dalam buah-buahan yang Anda konsumsi langsung tanpa melakukan proses pengolahan terlebih dahulu.

Yodium

Yodium dapat menjadi salah satu faktor munculnya jerawat, seperti kelenjar minyak kulit yang dapat mengiritasi kulit yang sudah rentan terhadap jerawat.

Yodium bisa ditemukan dalam ikan dan kerang karena air laut mengandung yodium. Selain itu sumber lainnya berasal dari garam beryodium yang merupakan komponen dari beberapa jenis makanan kaleng.

Buah dan sayuran yang bersifat asam

Beberapa buah-buahan dan sayuran yang bersifat asam dapat menyebabkan munculnya jerawat, seperti wortel, mentimun, jeruk, dan daun selada. Tingkat keasaman tubuh dapat menyebabkan munculnya jerawat, karena itu harus dihindari.

Makanan cepat saji (fast food)

Makanan cepat saji menjadi pilihan masyarakat yang selalu ingin instant dalam penyajiannya. Tapi, tahukah Anda bahwa makanan cepat saji sangat tidak baik untuk tubuh?

Selain kandungan gizinya tidak banyak, kebersihannya pun tidak terjamin. Beberapa contohnya seperti snack-snack kemasan, burger, pizza, fried chicken dan masih banyak lagi.

Makanan tinggi karbohidrat

Semua karbohidrat akhirnya diubah menjadi glukosa yang kemudian diubah menjadi glikogen untuk penyimpanan dalam tubuh. Yang penting untuk disadari adalah tubuh manusia membutuhkan hanya sejumlah tertentu dari glukosa agar berfungsi baik.

Ketika Anda makan karbohidrat lebih dari yang tubuh butuhkan, maka masalah kesehatan seperti diabetes dan jerawat akan muncul.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s