Menu Makanan Untuk Menaikkan Berat Badan

Ada yang sudah berusaha diet tapi malah gemuk? atau tanpa sadar merasa badan lebih gemuk padahal lebaran sudah lama berlalu? Yupz.. Tujuan diet sebenarnya tidak selalu menurunkan berat badan. Ada lho diet yang dilakukan justru untuk menaikkan berat badan.

Kunci diet sebenarnya adalah mengukur kadar kalori yang dikonsumsi oleh tubuh. Untuk menurunkan berat badan, kalori yang dikonsumsi harus dibatasi agar jumlahnya tidak berlebih. Kalori yang terlanjur menumpuk di badan juga harus dibakar dengan cara melakukan olahraga rutin.

Sedangkan menaikkan berat badan, seseorang harus mengonsumsi kalori dengan jumlah yang cukup (tidak berlebihan). Harus mendapatkan asupan protein agar otot tubuh berisi dan tidak hanya dipenuhi oleh lemak tak sehat.

Seperti dikutip dari onlymyhealth.com, inilah menu yang harus diasup untuk menaikkan berat badan:

Menu Sarapan

Sarapan pagi adalah momen penting yang tak boleh dilewatkan, baik bagi yang ingin menurunkan berat badan maupun menaikkan berat badan.

Untuk menaikkan berat badan, lebih baik mengonsumsi makanan tinggi kalori, seperti keju, daging, telur, ikan. Anda juga boleh mengasup nasi, bubur atau roti sebagai sumber karbohidrat.

Jangan lupa tambahkan susu atau jus buah sehingga Anda dapat memetik nutrisi lain untuk melengkapi kebutuhan harian tubuh.

Menu Makan Siang

Untuk menu makan siang baiknya diperkaya dengan karbohidrat lengkap, misalnya seperti nasi, kacang-kacangan, kentang, umbi-umbian, dan lain sebagainya.

Jangan lupa tambahkan menu sayuran, karena Anda masih membutuhkan nutrisi lain selain karbohidrat, kalori dan protein.

Pastikan Anda memiliki menu makanan penutup, seperti potongan buah dengan mayonaise, atau dengan selai kacang.

Menu Makan Malam

Jangan hindari menu karbohidrat seperti nasi, kentang dan umbi-umbian lainnya. Tubuh Anda masih memiliki ruang yang luas untuk menampung mereka semua.

Untuk menu-menu salad atau saat menikmati buah, pakai cheese sauce, atau tambahkan taburan keju di atasnya sehingga Anda mendapatkan tambahan protein di dalam menu makan malam Anda.

Snack

Snack ini bisa dikonsumsi 3 jam sekali. Di dalamnya juga harus kaya dengan protein dan vitamin lain. Semisal, biskuit, sandwich dengan selai kacang, potongan buah segar dengan mayonaise atau selai kacang.

Jangan lupa lakukan angkat beban untuk melatih otot-otot sehingga bukan lemak yang membuat Anda gemuk, namun cukupnya nutrisi yang membuat tubuh menjadi lebih bugar dan berisi.

sumber: kapanlagi.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s