Mengapa Terseyum Menyehatkan?

Tersenyum adalah tindakan paling mudah, paling sederhana, paling murah, dan paling menyenangkan di dunia.

Banyak yang mempercayai bila mengawali hari dengan senyum lebar, maka hari itu akan berlalu dengan baik. Pasalnya, penelitian menyebutkan, senyuman yang tulus memiliki banyak manfaat baik untuk kesehatan maupun untuk mental kita. Apa saja?

Senyum membuat panjang umur

Penelitian yang menemukan orang sering senyum dan memiliki senyuman lebih cerah dan lebar memiliki kesempatan hidup 4,9 tahun lebih lama daripada orang yang hanya sedikit senyum, dan tujuh tahun lebih lama dari mereka yang tidak tersenyum sama sekali.
Senyum menghnidari stress dan awet muda

Orang yang murah senyum juga akan jauh dari stres karena ia terhindar dari penyakit ketegangan. Jantungnya akan berdetak normal. Peredaran darahnya akan mengalir dengan baik dan membuat kita awet muda.

Senyum hanya mengandalkan 17 otot wajah, sementara cemberut membutuhkan tarikan 32 otot wajah. Inilah salah satu sebab mengapa wajah terkadang terlihat cepat tua bagi orang yang jarang tersenyum.

Senyum bangkitkan energi bawah sadar

Saat subyek penelitian diperlihatkan gambar wajah tersenyum dengan sangat cepat, si subyek secara tidak sadar akan menampilkan wajah tersenyum seperti gambar wajah tersenyum yang dilihat.

Senyum mudah menular

Saat kita membuat status yang membahagiakan melalui situs jejaring sosial. Perasaan bahagia itu akan menular ke orang lain. Jadi, jika kita tersenyum, maka orang lain juga akan tersenyum.

Senyum dapat meredam kemarahan

Tidak hanya olahraga yang dapat meredam rasa marah. Senyuman juga ternyata dapat meluluhkan emosi orang yang sedang marah.

Bila ada seseorang yang marah mendatangi kita, hadapilah dengan senyuman bening lagi tulus. Yang pasti, senyum semacam ini bakal mampu meredam emosi orang yang marah.

Senyum meningkatkan sistem imun tubuh

Senyum dapat membantu kerja imun tubuh agar dapat bekerja dengan baik. Ketika Anda tersenyum, fungsi imun meningkatkan kemungkinan Anda menjadi lebih rileks.

Turunkan tekanan darah

Ketika Anda tersenyum, maka tekanan darahmu akan menurun. Jika Anda tak percaya, Anda boleh mencobanya sendiri dengan alat pengukur tekanan darah di rumah.

Senyum mengeluarkan endorphins

Beberapa studimenunjukkan bahwa senyum dapat merangsang pengeluaran endorphin, pereda rasa sakit yang alami, serta serotonin. Senyum memang obat yang alami.

Senyuman dapat mengubah keadaan orang lain

Jika anda berjalan ke dalam sebuah ruangan atau menuju ke sebuah toko dengan senyuman di wajah anda, akan membuat semuanya berbeda. Semua orang akan berbalik tersenyum pada anda.

Hal ini akan banyak membantu mencairkan setiap ketegangan atau kekakuan yang ada. Interaksi anda akan lebih terbuka, santai dan penuh dengan kegembiraan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s