Makna Syukur Sebenarnya

Teman…
Selama ini kita mungkin terlanjur mengartikan SYUKUR sebatas ucapan saja. Persis seperti saat kita menerima hadiah. Kita mungkin sering hanya berkata:

“Alhamdulillah saya punya tangan dan kaki yang lengkap.”

“Alhamdulillah orang tua saya kaya raya.”

“Alhamdulillah, saya punya bakat menulis yang besar.”

Kita SERING merasa bahwa itulah cara bersyukur yang baik dan benar. Padahal makna syukur yang sebenarnya tidaklah sebatas itu.

Bila kita sekadar berterima kasih kepada Tuhan atas pemberianNya berupa bakat menulis kepada kita, tapi setelah itu kita sama sekali tidak berusaha memanfaatkan bakat menulis tersebut untuk meningkatkan kualitas diri kita, maka ketahuilah bahwa Tuhan kecewa pada kita. DIA menganggap kita tidak berterima kasih. DIA menggolongkan kita sebagai hambaNya yang tidak bersyukur!

Dalam QS Luqman (31): 12 dinyatakan:

Dan sesungguhnya Kami telah menganugerahkan kepada Luqman hikmah, yaitu: “Bersyukurlah kepada Allah. Dan barang siapa yang bersyukur (kepada Allah), maka sesungguhnya ia bersyukur untuk (manfaat) dirinya sendiri.”

“Dan barangsiapa yang bersyukur, maka sesungguhnya dia bersyukur untuk (kebaikan) dirinya sendiri, dan barangsiapa yang kufur (tidak bersyukur), maka sesungguhnya Tuhanku Maha kaya (tidak membutuhka sesuatu) lagi Mahamulia” (QS An-Naml [27]: 40)

Setiap kita mengkufuri nikmat Allah disitu juga terdapat siksaan Allah dan banyak bermacam siksaan lain, malam kaya tapi besok pagi sudah lenyap itu pun bisa terjadi dan sangatlah mudah bagi allah untuk merubah semua itu, ada bentuk siksaan Allah yang kita tak merasa tersentuh dan airmata kita membeku untuk menangisi dosa-dosa kita, kita lupa dengan hari kiamat ini juga adalah salah satu bentuk siksaan Allah juga, tapi ketika orang yang mensyukuri nikmat Allah ia tidak akan pernah mendapat siksaan Allah karena ia meyakini ini adalah yang terbaik untuknya. Kenapa Allah harus menurunkan balak kalau kita mensyukuri nikmat-Nya. Bersyukurlah kepada Allah maka Allah akan memberi sesuatu kepada kita? Kalau kita menghitung nikmat Allah maka kita tak akan pernah mampu dan tidak disebut sebagai orang yang menyembah Allah bila kita tidak bersyukur atas nikmat yang telah Allah beri, sebenarnya syukur itu adalah bimbingan Allah juga

* * *

Jadi Teman…
BERSYUKUR adalah sebuah konsep di dalam kehidupan kita yang memiliki TIGA UNSUR sebagai berikut:

  1. Mengucapkan terima kasih kepada si pemberi.
  2. Memanfaatkan pemberian tersebut sebagai modal untuk meningkatkan kualitas diri kita.
  3. Tidak menyesali apapun yang belum kita miliki, tapi memanfaatkan apapun yang sudah kita miliki sebagai modal untuk meningkatkan kualitas diri kita.

@ Orang kikir berarti kikir untuk dirinya begitu juga dengan orang yang berbuat baik itu adalah untuk dirinya sendiri.

@ Orang yang syukur artinya ia juga telah bersiap untuk menerima pemberiaan Allah yang lain

@ orang yang bersyukur ia berarti telah mmbentengi dirinya dari siksaan Allah

@ orang yang selalu syukur ia selamanya selalu tentam karena ia meyakini bahwa apabila ia tidak dikasih dari apa yang telah ia minta kepada Allah berarti mungkin ada sesuatu yang bahaya untuk kita, jadi berprasangka yang baik itu kepada Allah dalam keadaan bagaimanapun. Tapi kita punya musuh yang tidak pernah mau melihat kita ini pasrah terhadap ketentuan Allah dan musuh itu adalah Setan, jadi kita ini main tarik-tarikkan dengan setan mereka menggangu dari depan maksudnya kita ini bersiap untuk akhirat tapi mereka ganggu kita, dari belakang membuat kita rakus disibukkan mencari harta untuk anak-anak kita sampai tak peduli halal haram sehingga lupa akan akhiratnya, dari samping kanan dirusak agama kita disesatkan, sedangkan samping kiri kita dibuaikan dengan keindahan dunia yang dianggap abadi sehingga mereka mengejarnya sehingga lupa keindahan akhirat yang jauh lebih indah kekal selamanya tapi kita punya dua jalan yaitu atas dan bawah, atas bermunajat kepada Allah bawah apabila kita perbanyak sujud kita mereka iblis tak akan pernah mampu mengganggu kita.

Ketiga unsur tersebut harus ada. Tidak boleh ada yang kurang!

Nah, sekarang kita coba ke komentar teman pada status Facebook yang sering kita jumpai:

“Jadi jangan paksakan diri. Lebih baik syukuri apapun kondisi dan posisi kita dengan penuh kesabaran.”

Saya yakin Anda mulai bisa menemukan keanehan bahkan kelucuan pada kalimat di atas. Dalam persepsi saya, kalimat itu memiliki makna:

“Apa dan bagaimanapun kondisi kita, lebih baik bersabar saja. Terima saja apa adanya.”

Anda tentu setuju, kalimat atau pola pikir seperti di ataslah yang membuat hidup kita sulit untuk maju.

Kita sering menganggap bahwa “merasa kurang” identik dengan “tidak bersyukur.”

bersyukur

Bila ada orang yang berkata, “Saya belum puas bila hanya punya motor. Saya ingin punya mobil juga,” sebagai orang yang tidak bersyukur atas motor yang telah dimilikinya.

Kita sering menganggap bahwa “tidak puas” identik dengan “tidak bersyukur”. Padahal keduanya beda!

“Lho, bedanya di mana?”

Tidak puas adalah sesuatu yang baik, sangat positif dan luar biasa, bila kita barengi dengan menjalankan tiga unsur bersyukur seperti yang sudah ditulis di atas. Lagipula, bukankah ketidakpuasan yang sering membuat banyak orang termotivasi untuk menciptakan berbagai inovasi baru dalam hidup kita?

Sedangkan tidak bersyukur adalah:

  1. Menyesali atau mengeluhkan hal-hal yang belum dimilikinya, lalu merasa dia tidak bisa berbuat apapun bila hal-hal tersebut belum berhasil dia miliki.
  2. Tidak mau memanfaatkan apapun yang sudah dia miliki untuk meningkatkan kualitas dirinya.
  3. Dia sibuk menyesali nasibnya, tapi tidak pernah mau berusaha untuk mengubah nasib.

Jadi Teman-teman Sekalian…
Bila selama ini hidup kita belum sukses juga, namun kita merasa sudah bersyukur atas segala pemberian Tuhan kepada kita, maka percayalah bahwa sebenarnya kita belum bersyukur. Yang kita lakukan selama ini mungkin hanya menjalankan unsur syukur urutan 1, yakni MENGUCAPKAN TERIMA KASIH.

Apakah mengucapkan terima kasih saja cukup untuk membuat kita menjadi sukses? Jawabannya TIDAK!!!

Bila ingin sukses, kita harus menjalankan TIGA UNSUR SUKSES tersebut sekaligus, jangan sampai ada yang terlewat!

Semoga bermanfaat, dan salam sukses ya :)

Sumber pustaka.wordpress.com & jonru.net

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s