Makan Telur Sama Buruknya Dengan Efek Merokok?

Katanya telaur itu sumber protein hewani. Benarkah? Ada sebagian orang diluar sana sekarang sedang mengalami yang namanya alergi telur… Apakah pertanda dia kebanyakan protein? atau telur tak baik buat kesehatan?

Benarkah telur itu tak baik bagi kesehatan?

Menurut penelitian yang dilakukan seorang dokter di luar negeri, terlalu banyak memakan kuning telur ternyata hampir sama buruknya dengan efek merokok karena meningkatkan risiko penyakit jantung. Memakan kuning telur bisa membuat plak pada arteri, yaitu atherosclerosis, seperti dilansir laman Daily Mail.

Dr. David Spence melakukan penelitian pada 1.231 orang untuk mengetahui hubungan kuning telur dengan risiko stroke dan serangan jantung. Hasilnya ditemukan bahwa, pecahnya plak menjadi penyebab umum dari serangan jantung dan stroke.

Penelitian menemukan area plak karotid meningkat seiring bertambahnya umur, terutama di atas 40 tahun. Peningkatan plak itu terjadi pada orang berumur lebih muda yang merokok dan mengonsumsi kuning telur secara teratur.

Dr. Spence juga mengatakan, masih harus ada penelitian lanjutan. Namun, dia menekankan konsumsi kuning telur terlalu banyak harus dihindari demi mencegah risiko penyakit jantung.

Nah, untuk mencegah hal tersebut baiknya kurangi asupan kuning telur yang terlalu banyak. Setidaknya dalam sehari maksimal dua buah telur yang dikonsumsi. Atau gantikan saja dengan lauk lain sehingga nutrisi yang diserap juga lebih beragam.

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s