Galau Berakibat Gangguan Jiwa (?)

Kata yang sempat ngetrend mulai tahun lalu ini sampai saat ini masih saja terjadi. Galau, mungkin Anda tidak asing dengan kata-kata tersebut. Galau bahasa gaul untuk menggambarkan sebuah kondisi di mana seseorang merasa murung, sedih, bingung dan biasanya terjadi pada remaja yang sedang melalui masa pencarian jati diri. Walaupun tidak menutup kemungkinan sering dialami oleh orang dewasa.

Remaja yang terlalu sering galau dapat  terkena gangguan bipolar.  Bipolar adalah gangguan jiwa  yang  terjadi secara  berulang-ulang dalam rentan waktu yang lama dan berlangsung selama seumur hidup. Gangguan ini ditandai dengan gejala-gejala perubahan alam perasaan.Kondisi galau bisa jadi hanya berupa penyesuaian diri pada keadaan atau kah merupakan episode depresi. Episode depresi terjadi pada orang yang mengidap masa depresi setiap hari dengan minimum waktu dua minggu, ini dapat terlihat dari perilakunya, yang tidak mau bertemu dengan orang-orang, pesimistik, memikirkan sesuatu yang nihilistik, maka kemungkinan untuk dapat terpicu bipolar 30 persen.

Memank setiap orang pasti dapat merasakan sedih dan pesimis. Namun bila itu terjadi terus menerus atau disebut sebagai episode depresi , maka perlu dikhawatirkan.

Gangguan Bipolar kerap kali menimbulkan ide untuk bunuh diri pada penderitanya, bahkan angka bunuh diri bekisar 0,4 persen per tahun pada laki-laki dan perempuan yang terdiagnosis bipolar. Tindakan bunuh diri seringkali terjadi saat awal sakit dan berhubungan dengan episode depresi berat dan fase disforik agitatif khususnya setelah episode depresi berat berulang.

lantas bagaimana baiknya? Apabila anda mengalami depresi hebat, ada baiknya segera periksakan ke dokter. Cobalah untuk keluar dari zona yang selama ini anda jalani, ini juga bisa mengusir kegalauan yang muncul. Yang pasti selalu berfikir positif dan selalu ingat akan Tuhan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s