Makan di Piring Kecil Tak Menahan Lapar

Sekarang banyak yang bilang kalau untuk gemuk tidaklah semudah dahulu. Tentu saja ini dikarenakan banyak faktor yang mempengaruhi. Sebuah penelitian yang dilakukan peneliti dari Texas Christian University menolak aturan makan dengan porsi kecil dapat menurunkan berat badan. Menurut Ming Sha, seorang professor of kinesiology, “Seringkali para ahli gizi menyarankan untuk menggunakan piring kecil sebagai cara untuk mengendalikan nafsu makan, tetapi hal itu tidak bisa dianggap sebagai hal yang efektif. Penelitian kami menunjukkan bahwa ukuran porsi makan tidak berhubungan dengan rasa lapar dan kenyang.”
Penelitian ini melibatkan 10 wanita yang memiliki berat badan ideal dan 10 wanita obesitas. Pada hari pertama penelitian, mereka makan dengan piring berukuran kecil, diameter 21 cm, dan pada hari kedua mereka memakai piring berdiameter 27 cm. Mereka boleh mengambil porsi sesukanya sampai merasa kenyang. Hasilnya, diameter piring tidak berperan dalam mengendalikan rasa lapar dan kenyang.

Selama ini ada pendapat yang menyebutkan bahwa wanita yang memiliki kelebihan berat badan cenderung memiliki rasa lapar yang lebih besar. Namun penelitian tidak menunjukkan hal tersebut selalu benar. Pada awal penelitian, wanita obesitas makan sebanyak wanita dengan berat badan ideal, tetapi setelah beberapa saat, mereka melaporkan masih merasa lapar.

Dengan kata lain, wanita yang memiliki kelebihan berat badan mendapatkan nutrisi sebanyak wanita yang memiliki berat badan ideal, tetapi mereka tidak merasa kenyang. Para peneliti percaya bahwa masalah tidak akan selesai hanya dengan mengecilkan ukuran piring, tetapi mencari apa penyebab rasa lapar tersebut.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s