Rajin Shopping Perpanjang Umur? Beneran??

Julukan shopoholics biasanya ditujukan pada orang-orang yang memiliki hobi untuk berbelanja, biasanya yang mendapat julukan ini adalah para wanita. Apakah Anda termasuk shopoholics? sekalipun banyak orang yang memandang seorang shopoholics hanya bisa menghambur-hamburkan uang (sekalipun tidak selalu demikian), sebuah penelitian memperoleh hasil bahwa kegiatan berbelanja bisa memperpanjang umur, setidaknya hingga 65 tahun.

Berbelanja Baik Untuk Perpanjang Umur

Penelitian dilakukan oleh The National Health Research Institutes di kota Zhunan, Taiwan pada 2000 orang baik pria maupun wanita yang telah memiliki tempat tinggal sendiri. Dari hasil penelitian, didapatkan hasil bahwa mereka yang rutin melakukan kegiatan belanja hidup lebih lama dibandingkan mereka yang hanya melakukan kegiatan belanja sekali dalam seminggu atau kurang dari itu.

Sekalipun belanja lebih identik dengan para wanita dibandingkan para pria, hasil penelitian tersebut mendapatkan hasil yang lebih baik pada pria yang gemar berbelanja. Para pria yang berbelanja ke toko setiap hari akan menurunkan risiko kematian sebesar 28%. Sedangkan untuk wanita yang berbelanja rutin setiap hari ke sebuah toko akan menurunkan risiko kematian mereka sebesar 23%.

Mengapa Bisa Demikian?

Para ilmuwan dari Taiwan yang melakukan penelitian tersebut mengatakan bahwa berbelanja adalah salah satu bentuk kepuasan yang bisa memperbaiki efek psikologis manusia. Efek psikologis berbelanja juga bisa disamakan dengan olahraga yang melibatkan seorang instruktur untuk memotivasi seseorang. Berbelanja tentu saja jauh lebih mudah dibandingkan olahraga.

Tidak hanya ilmuwan dari Taiwan, hasil ini juga didukung oleh pernyataan dari S. Jay Olshansky, seorang profesor yang juga merupakan seorang ilmuwan dari The Center on Aging, University of Illinois. Beliau mengatakan, “Berbelanja mewajibkan Anda memiliki fisik yang bagus untuk berpindah dari satu tempat ke tempat lain, kemampuan untuk mengatur keuangan, membuat keputusan, dan masih banyak lagi. Semua karakteristik tersebut berkaitan dengan kesehatan,”

Kegiatan berbelanja ini tentu tidak harus dengan membeli barang mahal. Membeli bahan makanan segar untuk makanan sehari-hari memberi efek yang sama. Jadi bagaimana? Apakah Anda akan berbelanja setelah membaca artikel ini?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s