Alasan, PC Tablet Buruk Bagi Kesehatan

Gadget memank sangat terasa boomingnya di tahun lalu. Akan tetapi tahun ini juga masih tetap saja kita rasakan gegap gembitanya. Tidak jarang kita temui di dalam angkot banyak orang memegang HP, BB atau bahkan PC Tablet. Perkembangan teknologi PC tablet memang memberikan berbagai kemudahan bagi masyarakat penggunanya. Namun di balik itu, gadget yang satu ini juga memberikan efek buruk bagi kesehatan. Benarkah?

Sebuah studi baru menunjukkan bahwa penggunaan PC tablet akan memberikan efek buruk bagi penggunanya. Hal ini karena gadget tersebut mendorong Anda untuk terus membungkuk menatap layar komputer.

Seperti dikutip dari Telegraph, tim peneliti dari Harvard School of Public Health memulai penelitian dengan menanyakan tujuh pria dan delapan wanita yang sebelumnya merupakan pengguna PC tablet.

Dengan menggunakan sistem analisis gerak, peneliti mengamati 15 relawan pada saat mereka bekerja menggunakan PC tablet dalam empat posisi.

Posisi itu adalah dipangku begitu saja, dipangku dengan tatakan atau case, diletakkan di atas meja dengan posisi rendah dan terakhir diletakkan di meja dengan posisi tinggi.

“Dibandingkan dengan komputer biasa, pengguna PC tablet berhubungan dengan postur kepala dan leher yang lebih tinggi. Ada kekhawatiran terkait munculnya ketidaknyamanan pada leher dan bahu,” kata Jack Dennerlein, sang pemimpin penelitian.

Selain itu, peneliti mengukur gerakan leher dan kepala pengguna secara keseluruhan. Hasilnya dilaporkan PC tablet yang di pangku begitu saja tanpa menggunakan tatakan paling banyak menimbulkan rasa nyeri di bagian leher dan bahu.

Peneliti juga memperingatkan, menopang PC tablet terlalu lama juga membuat ketegangan pada pergelangan tangan para penggunanya.

“Temuan ini menunjukkan bahwa pengguna PC tablet harus meletakkan tabletnya di tempat lebih tinggi, seperti di atas meja dan bukan dipangku.”

“Hal ini dilakukan guna menghindari tatapan menatap layar dengan sudut rendah atau yang lebih curam. Jika dibiarkan terus-menerus bisa berisiko mengalami cedera pada leher dan bahu,” ungkapnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s