Cara Aman Menggunakan Pembungkus Plastik

Plastik sering sekali kita jumpai dimanapun kita berada. Saat ini plastik dianggap lebih efektif dari pembungkus makanan yang lain. Walapun sbenarnya efek bagi kesehatan tentu saja lain. Dulu kita mengenal daun pisang untuk membungkus makanan cepat saji. Tapi sekarang? Semua memakai plastik. Bagaimana agar penggunaan plastik aman?

Pilih jenis plastik yang aman

Plastik yang cukup aman adalah plastik yang mempunyai warna jernih. INgat ya,,, jernih itu beda dengan warna putih. Ini juga berbeda dengan warna gelap. Warna gelap biasanya adalah jenis plastik yang kualitasnya paling rendah. Sedangkan apabila kita menggunakan plastik yang berwarna itu berbahaya karena ada pewarna yang bisa menempel ke makanan di dalamnya. So, pake yang jernih saja.

Hindari memanaskan kembali makanan dalam plastik

Biasakan memindahkan makanan pada wadah lain seperti porselein atau piring kaca sebelum memenaskannya dalam microwave. Semua plastik mengandung bahan kimia dan akan berbahaya bagi kesehatan.

Periksa nomor seri wadah

Untuk mengetahui apakah plastik itu aman atau tidak, Anda bisa memeriksanya melalui tulisan yang tertera pada bagian bawah wadah.

Biasanya jika nomor daur ulang #3 atau #7 itu mungkin mengandung BPA baik (bisphenol A) atau ftalat (digunakan untuk membuat plastik PVC) yang meniru estrogen dan bisa menggangu tingkat hormon. Ini bisa sangat berbahaya bagi tubuh pada masa pertumbuhan.

Jika wadah berseri BPA dan bebas PVC, maka hal yang paling aman adalah dengan menyingkirkannya.

Di Kanada dan Uni Eropatelah melarang penduduknya menggunakan BPA untuk botol bayi. Boleh saja Anda menggunakan wadah plastik asalkan, dengan tulisan berseri #2 #4, atau #5 yang dianggap aman untuk kesehatan.

Cermati jenis plastik

Sebaiknya sebelum Anda memutuskan untuk menggunakan perangkat atau wadah dari plastik, teliti terlebih dahulu apakah plastik tersebut di olah dengan benar dan aman ketika digunakan, karena ini akan sangat berhubungan dengan kesehatan Anda dan keluarga.

Berhati-hatilah saat mencuci

Mencuci piring dengan menggunakan air hangat mungkin baik untuk piring kaca, tapi berbeda halnya dengan wadah plastik. Plastik bila terkena cairan panas, maka bahan kimia yang terkandung didalamnya akan menguap dan berbahaya bagi kesehatan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s