Makanan Pencegah Gangguan Pencernaan

Yang namanya sakit di bagian pencernaan itu bisa terjadi kapan saja dan dimana saja. Itu tidak lepas karena kita biasa makan sehari minimal 3X. Tentu saja ini meminta kita agar lebih selektif dalam memilih makanan. Apabila makanan yang dikonsumsi baik, maka dapat melancarkan saluran pencernaan, sekaligus mencegah gangguan seperti mulas, kembung dan sembelit. Gak mau dong ya pagi-pagi harus berurusan dengan perut kembung gara-gara makanan kemarin malam?

Berikut beberapa makanan yang bisa atasi gangguan pencernaan dari yang ryan himpun menurut beberapa sumber:

YogurtYogurt mengandung bakteri asam laktat sehingga membantu mengaktifkan enzim laktase dalam saluran pencernaan, sehingga mencegah terjadinya gangguan pencernaan dan sakit perut.

Itulah sebabnya, banyak dokter yang menyarankan untuk mengonsumsi yogurt bila Anda sedang sakit perut.

Oats

Oats mengandung serat, folat, vitamin A dan seng, sehingga membuatnya menjadi makanan yang paling mudah dicerna.

Makanan olahan dari gandum ini juga menjadi makanan terbaik bagi orang diet, karena oats memperlambat proses pencernaan, sehingga perut merasa kenyang lebih lama.

Apel

Apel terkenal sebagai buah yang kaya akan serat dan air. Cobalah untuk mengonsumsi apel pada waktu perut kosong, terutama di pagi hari, karena mengonsumsi apel secara teratur memastikan gerakan usus halus dan membantu dalam mencegah sembelit dan gangguan perut.

Buah plum

Buah plum saat ampuh untuk mengatasi sembelit karena kandungan seratnya yang dapat memperlancar proses pencernaan. Buah ini juga kaya akan antioksidan yang dapat membuat Anda terlihat lebih awet muda.

Jahe

Rempah-rempah ini bersifat menghangatkan sehingga mampu meredakan rasa mual, muntah, mabuk dalam perjalanan, kembung dan gejala flu ringan.

Jahe juga terbukti berkhasiat sebagai karminativum atau dapat merangsang keluarnya gas dari perut sehingga mampu mengatasi masuk angin.

Selain itu, jahe juga melindungi sistem pencernaan dengan menurunkan keasaman lambung.

Pisang

Buah ini mengandung tingkat kalium dan vitamin A yang tinggi. Kalium dalam pisang akan berperan sebagai pengganti elektrolit yang efektif untuk dikonsumsi saat sedang diare.

Mineral yang terdapat dalam pisang juga akan ditransmisikan ke otak untuk membantu mengurangi stres dan membantu mengatur tingkat air dalam tubuh.

Walapun beberapa menu makanan tersebut bagus untuk percernaan, kita tetap tidak boleh makan secara berlebihan. Di dalam islam dikatakan kalau mubazir itu dilarang.🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s