Ingin Tertidur Lelap? Ini Tipsnya…

Mudah bangun malam? Atau selalu susah untuk memulai tidur malam? Kadang itu adalah kegiatan yang sering kita lakukan karena benyak hal. Padahal kalau kita tau, banyak sekali manfaat tidur di malam hari tidak hanya bagi kesehatan tubuh, namun juga bagi suasana hati dan kesehatan mental.

Seperti dikutip Times Health, berikut beberapa tips jitu untuk membuat tidut malam kita semakin nyenyak.

Kamar tidur nyaman

Ini adalah hal utama yang pertama harus kita ciptakan. Menciptakan kamar tidur yang nyaman bukanlah menjadi hal sulit untuk dilakukan. Pasalnya, Anda dapat mencobanya dengan dekorasi warna-warna lembut. Tambahan aromaterapi juga dapat menambah kenyamanan saat tidur. Kalau suasana atau kondisi kamar serba berantakan tentu saja akan membuat kita susah untuk tidur.

Minum susu hangat

Dengan segelas susu hangat akan membuat Anda merasa lebih nyaman dan terlelap. Ini dikarenakan kondisi di dalam perut kita tenang tidak “keroncongan” karena mungkin lapar atau kebanyakan makan.

Kurangi kafein

Menghindari kafein menjelang tidur sangat dianjurkan. Kandungan kafein yang memicu mata untuk tetap terjaga di malam hari pastinya akan menyebabkan sulit tidur. bagi yang suka dengna kopi, kopi merupakan kafein yang sangat mujarab. Tentu ini harus dihindari apabila ingin bisa nyaman tidur.

Mandi air hangat

Kegiatan ini dapat membuat tubuh lebih rileks sehingga Anda bisa tidur lebih cepat. Mandi dengan air panas ini dapat Anda lakukan satu jam sebelum tidur.

Membaca buku

Buku yang dibaca hendaknya bukan buku-buku yang memberatkan pikiran seperti buku cerita romantis. Tetapi, pilihlah buku-buku yang memuat hal-hal inspiratif.

Jangan makan berlebihan saat malam hari

Usahakan agar makan malam Anda tidak melewati pukul 19.00. Perut yang penuh menyebabkan tubuh masih melakukan proses pencernaan, sehingga tubuh belum beristirahat.

Walaupun bukan makanan berat, kurangi juga konsumsi makanan ringan di malam hari.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s