Cara Mudah Lapor SPT Tahunan Tahun Pajak 2011 Berikut Formulirnya

Alhamdulillah kita sudah memasuki akhir bulan Februari 2012. Adakah yang belum kita lakukan di tahun ini? Kalau diminta mencari apa yang belum dilakukan, tentu saja masih banyak yang belum terselesaikan.  Yupz, sebagai warga Negara yang baik dan mengetahui hak serta kewajiban kita pasti kita akan segera ingat bahwa kita punya kewajiban untuk membayar pajak yang terutang serta melaporkannya kepada Negara. Apakah batas waktu pelaporan pajak sudah berubah? Sampai dengan saat ini jangka waktu pelaporan pajak dengan menggunakan Surat Pemberitahuan Pajak (SPT) Tahunan masih sama dengan tahun 2011 kemarin yaitu maksimal 31 Maret untuk Orang Pribadi dan maksimal 30 April untuk Badan.

Gak terasa ya, ternyata tinggal satu bulan lagi batas waktu penyampaiaan SPT Tahunan Tahun Pajak 2011. Eith,, sebentar sebentar.. kok pada bilang tahun pajak 2011 sih? Padahal ini kan sudah tahun 2012! Mungkin banyak pula yang bertanya mengenai hal tersebut. Ya, untuk tahun pajak ini merupakan tahun dimana kita mendapatkan penghasilan. Kan yang kita laporkan penghasilan kita ditahun 2011. So, dinamakan tahun pajak 2011. Kalau mau lapor tahun pajak 2012 itu bisa dilakukan kalau tahun 2012 ini sudah selesai alias setahun lagi. J

Sudah punyakah formulir SPT Tahunan yang mau di isi?

Disini Ryan akan sampaikan bahwa formulir untuk SPT Tahunan Tahun Pajak 2011 ini sama dengan tahun pajak 2010. Hanya saja di tahun ini ada lembar informasi amplop SPT Tahunan meliputi nama WP, NPWP, Tahun Pajak, Status SPT, Jenis SPT, Perubahan Data, Nomor Telepon, Pernyataan dan Tanda Tangan WP  yang perlu di isi. Jadi gak hanya SPT-nya saja yang dilaporkan.  Berikut link untuk mengunduh SPT Tahunan Tahun Pajak 2011 yang diambil dari situs resmi Direktorat Jenderal Pajak Republik Indonesia.

SPT Tahunan Orang Pribadi Tahun Pajak 2011 Excel dan PDF

  1. 1770 (Penghasilan atas kegiatan usaha)
  2. 1770 S (penghasilan setahun lebih dari 60 Juta rupiah)
  3. 1770 SS (penghasilan setahun kurang dari 60 Juta rupiah)

SPT Tahunan Badan Tahun Pajak 2011 Excel dan PDF

  1. 1771 (perusahaan/badan)

Lantas kemana melaporkannya?

Surat Pemberitahuan Pajak (SPT) Tahunan dapat disampaikan secara

  1. Langsung ke Kantor Pelayanan Pajak (KPP), atau
  2. Melalui pos dengan bukti pengiriman surat ke KPP tempat Wajib Pajak (WP) terdaftar, atau
  3. Melalui perusahaan jasa ekspedisi atau jasa kurir dengan bukti pengiriman surat ke KPP tempat WP, atau
  4. Melalui penyampaian secara elektronik atau e-Filling pada laman Direktorat Jenderal Pajak (DJP) http://www.pajak.go.id atau penyedia jasa aplikasi (Application Service Provider/ASP.

Hal tersebut diatur dalam Peraturan Direktur Jenderal Pajak Nomor PER-48/ PJ/2011 tentang Tata Cara Penerimaan dan Pengolahan Surat Pemberitahuan Tahunan, yang mulai berlaku sejak 30 Desember 2011.

Untuk penyampaian SPT Tahunan secara langsung selain dapat dilakukan di Tempat Pelayanan Terpadu (TPT) pada KPP, juga dapat disampaikan secara langsung di Pojok Pajak, Mobil Pajak atau Drop Box yang telah dijadwalkan tempat dan waktunya. Pojok Pajak, Mobil Pajak serta Drop Box merupakan tempat lain yang dapat digunakan untuk menerima SPT Tahunan atau e-SPT Tahunan yang berlokasi di tempat-tempat keramaian, seperti mal atau pusat perbelanjaan.

Namun bagi kita yang ingin menyampaikan

  1. SPT Tahunan Lebih Bayar,
  2. SPT Tahunan Pembetulan atau
  3. SPT Tahunan yang disampaikan setelah Batas Waktu Penyampaian,

maka SPT Tahunan tersebut harus disampaikan secara langsung ke TPT pada KPP, tempat dimana WP yang bersangkutan terdaftar.

Itu tadi sekilas tentang bagaimana lapor pajak di tahun 2012 ini. Apabila rekan-rekan masih lupa tentang perbedaan jenis SPT Tahunan apakah itu 1770, 1770 S, 1770 SS atau 1771 silakan kunjungi artikel sebelumnya disini.

Mari Segera Laporkan SPT Tahunan Anda  !!!

2 thoughts on “Cara Mudah Lapor SPT Tahunan Tahun Pajak 2011 Berikut Formulirnya

  1. assalamu’alaykum
    mau tanya….saya terdaftar sebagai WP di propinsi Riau ketika saya berkerja di perusahaan sebelumnya…kemudiaan akhir tahun 2011 saya pindah kerja ke perusahaan di pulau jawa (saya sudah menetap dan ber ktp di jawa).

    saya punya dua foumulir 1721-A1, yang pertama daru perusahaan lama (bulain1-10), dan dari perusahaan baru (bulan 11-12)., pertanyaan:

    1. Kemana laporan SPT saya kirimkan?
    2. Apakah pembuatan SPT-nya terpisah atau digabung, jika seandainya digabung mohon informasi guidence nya

    barokallohufiikum

    dedi bin mulyadin

    • waallaikumsalam
      untuk lapor SPT Tahunan itu ke tempat terdaftar. karena skrang sudah pindak ke jawa maka silakan laporan SPT Tahunan disampaikan ke KPP yang dijawa. penyampaiannya bisa lewat dropbox atau langsung k KPP atau bisa lewat pos.
      sedangkan untuk pembuatan sptnya silakan digabung, gak perlu dipisah. jadi nanti cukup melaporkan satu SPT saja ke KPP yang di jawa tersebut dengan dilampirkan 2 (dua) bukti potong yang ada ( bulan 1-10 dan bulan 11-12).
      Untuk pengisiannya seandainya penghasilan bruto semuanya kurang dari 60juta setahun silakan menggunakan 1770SS, apabila diatas 60juta silakan menggunakan 1770S.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s