Langkah Mudah Memberi Maaf

Marah, kecewa atau dendam kesumat mungkin sering atau pernah kita lewati. Tentu saja ini dikarenakan perbuatan orang atau sahabat kita yang sampai kelewat batas. Lantas apakah itu akan kita simpan di dalam lubuk hati yang terdalam? tentu saja ada yang demikian. Akan tetapi apabila kita menympannya dalam lubuk hati yang terdalam bisa jadi kita malah bisa kurus atau sakit karena kemarahan itu menggumpal dalam diri kita. Karena apabila semua sudah berkumpul banyak selain membawa efek psikologis tetapi juga akan berakibat fisik. Ini bahkan bisa menjadi memunculkan penyakit. Lantas bagaimana baiknya? Beli obat? atau bagaimana? yupz.. Perlu obat untuk menyelesaikannya. tenang saja obat untuk menyelesaikan masalah itu cukup murah kok, yakni memaafkan secara tulus.

Semudah itukah?

Memank memaafkan kadang terasa sulit dilakukan walaupun mudah diucapkan. Apabila Anda masih merasa kesulitan untuk memberi maaf, maka ada baiknya mengikuti petunjuk berikut ini.

1. Ingatlah perasaan sakit hati atau luka batin yang Anda alami secara obyektif tanpa menyalahkan dan mengorbankan diri.

2. Cobalah berempati dengan orang yang menyakiti perasaan Anda. Renungkan mengapa ia melakukan hal itu, apa yang dirasakan oleh orang itu sehingga perbuatannya menimbulkan sakit hati.

3. Bayangkan semua masalah dilihat dari sudut pandangnya. Cara ini akan mempermudah kita memahami mengapa ia sampai menyakiti hati orang lain.

4. Bagian dari kita yang mengutamakan kepentingan orang lain (altruistis) akan berpikir bahwa kita telah dimaafkan dan bagaimana rasanya memaafkan.

5. Ketika tiba saatnya untuk berkomitmen memberi maaf, orang biasanya mengucapkan “Belum”, tetapi ketika akhirnya mereka melakukannya, mereka harus senantiasa berpegang pada pemaafan.

Semua ini bukan hanya teori saja, sudah banyak yang mencoba dan berhasil. Ingin seperti mereka yang berhasil? Silakan dicoba..🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s