Kenyang Tanpa Membuat Gemuk

Apakah kenyang itu selalu membuat kita gemuk? Belum tentu,, Gemuk tidak hanya dipegaruhi oleh rasa kenyang. Meskipun begitu, tidak bisa dipungkiri banyak yang gemuk karena suka makan kekenyangan.

Kenyang merupakan perasaan puas atau penuh pada perut setelah makan. Kondisi psikologis dan pengaruh sosial juga berpengaruh kuat pada apa, kapan, dan berapa banyak Anda makan. Kebosanan, stress, dan kesedihan juga dapat mempengaruhi nafsu makan Anda.
Nah, untuk mendapatkan rasa kenyang, Anda harus mengidentifikasi kapan waktu yang tepat untuk berhenti makan.

Kenali Tingkat Kelaparan Anda

Otak membutuhkan 20 menit untuk menerima pesan tentang apa yang terjadi di perut. Makanlah secara perlahan, dan berhenti makan sebelum Anda menjadi rakus. Cobalah ukur tingkat kelaparan Anda dengan cara berikut ini:

1. Mengukur tingkat kelaparan sebelum makan berat atau memakan snack dapat membantu mengukur apakah Anda makan karena lapar atau karena faktor emosional.

2. Mengukur tingkat kelaparan setelah makan berat atau memakan snack membantu Anda menyadari bahwa Anda tidak perlu makan banyak dan rakus. Kendalikan nafsu makan Anda!

Makanan yang Mengenyangkan

Protein

Protein ternyata lebih mengenyangkan daripada karbohidrat maupun lemak. Masukkan protein pada setiap menu makanan Anda, seperti yang berikut ini:

Telur. Dapat dikonsumsi sebagai telur rebus, scramble, atau omelet sebagai sarapan.

Ikan lebih memberikan kepuasan dan rasa kenyang daripada daging sapi atau ayam. Konsumsi ikan untuk mendapatkan asam lemak omega-3.

Kombinasikan susu dan yoghurt rendah lemak dengan sereal saat sarapan.

Serat

Makan makanan berserat tinggi tidak menjamin perasaan kenyang dan puas muncul. Berikut tips agar Anda kenyang dengan serat:

Sertakan sereal berserat tinggi pada sarapan Anda.

Gunakan salah satu dari: roti gandum, nasi dan pasta dalam setiap menu makan.

Tambahkan buncis, kacang merah, dan sayuran lain untuk salad dan jus.

Makan Sayuran Rendah Kalori

Sayuran rendah kalori membantu kita berhenti makan karena bobot makanan mempengaruhi berapa banyak kita makan dan kapan kita kenyang. Air dan serat dalam sayuran membuat rasa kenyang lebih cepat muncul. Konsumsi buah dan sayuran berwarna-warni dalam menu makan dan dapatkan nutrisi pentingnya.

Lemak Baik

Manusia membutuhkan lemak dalam makanan, lemak tak jenuh dapat merangsang hormon yang membantu para wanita merasa kenyang lebih lama.

Konsumsi biji-bijian dan kacang-kacangan sebagai snack.

Tambahkan minyak zaitun, atau minyak dedak dalam salad dan sayuran.

Makanan Rendah Gula

Makanan yang mengandung kadar gula yang tinggi dapat meningkatkan glukosa darah, yang kemudian akan memicu rasa lapar. Makanan rendah gula akan dicerna lebih lambat dan melepas glukosa lebih stabil ke dalam aliran darah, sehingga tidak memicu kelaparan.

Nah, lakukanlah rekomendasi dalam artikel ini untuk mendapatkan rasa kenyang tanpa menambah berat badan dan membuat Anda gemuk. Semoga berhasil!

Source: http://duniafitnes.com/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s