Hati-hati Dengan Agen PO Ramayana Ini

Pernahkah rekan-rekan mengalami peristiwa di dunia ini yang selalu teringat? Atau bahkan membuat rekan-rekan hilang kepercayaan?
Ryan ingin berbagi cerita kepada rekan-rekan semua tentang perjalanan menggunakan bus. Sudah tidak asing tentunya ketika kita mendengar bus. Mungkin hampir setiap hari kita menggunakannya apabila kita tidak mau capek mengemudikan mobil atau mengendarai motor.
Weekend ini akan ada libur 3hari. tentu banyak teman-teman yang tidak ingin melewatkan 3hari hanya berkutat didalam kosan bukan? Rabu sore selepas pulang dari kerja ryan mencoba menelpon agen bus di terminal rawamangun. Kenapa Terminal Rawamangun yang dipilih? karena berdasarkan cerita temen-temen, banyak diantara mereka yang kecewa dengan pelayanan di terminal pulo gadung. Sebetulnya kalau dilihat dari jarak antara cempaka baru dengan pulo gadung atau rawamangun maka tentu terminal rawamangun yang paling jauh. Akan tetapi,karena ingin mendapatkan pelayanan yang lebih bagus maka diputuskan akan melalukan perjalanan lewat terminal rawamangun. Agen bus yang ryan hubungi sore itu adalah Agen Bus Ramayana, sebuah bus yang memank bagus dalam segi pelayanan menurut ryan ketika melalui terminal Lebak Bulus.
Sore itu yang mengangkat telp adalah seorang cew/ibu (kurang tau juga soalnya mank belum pernah lewat agen ini) oleh ibu itu disampaikan bahwa tiket untuk eksekutif atau bisnis dengan ramayana sudah penuh. Sebelum selesai beliau bicara langsung disambung juga bahwa disana menyediakan tiket dengan bus pariwisata akan tetapi tanpa makan malam. Segera saja ryan tanyakan harganya, ibu itu bilang harganya 200ribu rupiah. Cukup terkejut juga ya, karena harga bisnis saja ramayana 120rbu rupiah dan eksekutif 160rbu rupiah. Lah ini kok 180rbu rupiah. tapi mengingat bahwa selama ini bus mank ketika libur tiba harga naik serta tiket kereta sudah habis dan harga tiket pesawat sudah mencapai 900rbu rupiah maka cobalah saya iyakan tawaran itu dengan menyampaikan akan diambil hari jumat siang tiket itu. Setelah itu telp diberikan kepada seorang bapak-bapak. Dari bapak itu menyampaikan bahwa apabila mau pesen tiket itu maka harus segera diambil dan dibayar karena banyaknya permintaan, selain itu, bapak itu menyampaikan bahwa harga tiket adalah 180rbu rupiah. No telp agen ituย  (021) 47862715.
Akhirnya hari berikutnya, saya putuskan untuk membeli tiket tersebut di jam istirahat. Ryan sampai di terminal kurang lebih pukul 12.35 WIB di terminal rawamangun. Disana ryan langsung saja membeli tiket yang ada dengan nomor tempat duduk 28. Ditiket yang diberikan ada stempel agen ramayana. Disana hanya tertulis bus ramayana bukan bus yang lain. Otomatis saya dan rekan-rekan yang lain (kebetulan saat membeli bareng dengan bapak-bapak yang juga ingin membeli tiket tersebut) percaya.
Pada jumat sore sesuai dengan jadwal yang telah disampaikan oleh sang agen bahwa bus akan berangkat
jam 17.00 sehingga jam 16.30 sudah diharapkan datang ke terminal tersebut. Saya beserta dengan penumpang lain sudah datang di jam tersebut. yang ryan ketahui, ketika datang kesana sudah banyak yang antre untuk mengetahui bus yang akan dinaiki. Begitupun dengan saya, karena harap-harap cemas apabila sudah terlambat maka segera tanya kepada agen yang ada untuk memastikan bus yang akan dinaiki.
kebetulan ketika menunggu bus tersebut saya bertemu dengan temen saya waktu kuliah dulu yaitu rini dan deni.
Sore itu entah tepat pukul 17.50, agen bus mengkonfirmasi bahwa bus yang ditumpangi bernomor 1526. Langsung saja ryan bergegas mencari bus tersebut di area dalam terminal rawamangun. Beberapa menit mencari, tidak ada juga bus dengan nomor 1526. kembali kami (saya dan penumpang yang lain) menemui agen tadi untuk menanyakan posisi bus tersebut. Agen tersebut tidak mau segera menjawab. Banyak diantara kami yang mencoba menanyakan lagi. Akhirnya jam 18.40 barulah agen tadi menyampaikan nomor bus 1626. Segera saja kami menuju bus yang dimaksud. Ada sedikit keributan keributan ketika kami masuk ke dalam bus. Memank saat itu saya hanya mengurus saya sendiri sehingga tidak mengikuti apa yang terjadi, hanya saja ketika kami menuju bus, agen itu bilang gak usah dilihat busnya, yang penting berangkat. Aneh juga memank kedengarannya.
Akhirnya bus berangkat jam 18.55 WIB. Ketika berangkat, sopir langsung belok ke kanan, tapi kelihatan kalau sopirnya jarang mengemudikan bus jadinya agak lama hanya untuk untuk keluar dari terminal. Bus yang kami naiki adalah bus Sari Mustika AC. Sangat diluar harapan tentunya ketika kami harus merogoh kocek dalam dengan pelayanan seadanya dan hak kami dirampas dengan sesuka hatinya. Apa yang kami alami coba kami pendam ketika dalam perjalanan, tetapi banyak diantara kami yang menggerutu juga dengan kondisi bus yang ada, terlebih bus itu dengan mudahnya dilewati oleh kendaraan-kendaraan lain. Malam itu kami baru berhenti untuk makan dan shalat isya pada pukul 11.05 dan baru berangkat memulai perjalanan pukul 24.03 WIB. Lama juga untuk ukuran berhenti kali ya? karena biasanya butuh 30menit untuk berhenti makan dan shalat.
Keesokan harinya kami berhenti kembali pada pukul 05.35 di pemalang untuk shalat. Ketika disana, sopir sepertinya memeriksa bus. Apa yang terjadi, kondisi pagi itu agak gerimis jadi sayapun tidak turun lagi setelah naik jadi kurang mengetahui.
Tepat pukul 09.16 kami sampai di Ngaliyan, Semarang. Alhamdulillah sampai semarang juga.
Tapi kok bisnya gak ke arah jogja ya? Kenapa? Banyak penumpang yang bertanya karen bus tidak kunjung berganti arah walaupun sudahย  melewati tanjung mas Semarang, bahkan sudah melewati batas Semarang. Kesabaran kami pun memuncak siang itu karna kami sudah masuk di Demak. mau dibawa kemana kami? Ketika kami tanya, katanya akan diganti busnya di SPBU depan, tetapi sudah melewati 3 SPBU masih saja bus berjalan. Huft.. kamipun segera meminta bus berhenti saja untuuk menunggu bus pengganti karena kami juga khawatir apabila terlalu jauh meninggalkan Semarang.
Pastinya teman-teman tau dunk ya letak Ambarawa dengan Semarang? Berapa lama kira-kira perjalanan itu? Kalau dengan bus biasa maka cukup maksimal 2jam pasti sudah sampai itupun busnya sudah pelan dan jalan macet, apabila dengan motor paling hanya 50 menit saja. Lah ini bus baru sampai di jalan depan rumah pukul 13.20 WIB.Kesal juga kami dibuatnya.
Begitulah garus besar perjalanan saya dengan menggunakan agen Ramayana Rawamangun dengan nama agen ROSIDI 081318007759 dan RINA 081298308645. Agen yang lebih buas daripada CALO yang ada di beberapa terminal yang selama ini ryan temui.

Berikut Beberapa Catatan Ryan terkait perjalanan itu.
Apakah agen bus tertentu seperti Ramayana boleh menamoung penumpang seperti itu?
APabila boleh apakah boleh menggunakan stempel bus resmi tempat dia menjadi agen seperti agen Bus Ramayana Rawamangun yang menggunakan stempel Ramayananya untuk bus “ambal-ambal”?
Kalau itu boleh, berarti memank kontrol dari RAmayana ternyata jelek, dengan membiarkan namanya digunakan untuk bus yang lain. Perlu diketahui sore itu Agen bus ramayana rawamangun sore itu memberangkatkan 2bus (mungkin lebih, karena ada temen saya yang naik bus kedua).
Apakah benar kata “Gak usah dilihat busnya, yang penting busnya berangkat” cocok disampaikan oleh seorang agen? Bahkan ketika seorang penumpang hanya ingin dihargai hak-haknya sebagai penumpang?

Kesimpulan
harap rekan-rekan lebih waspada ketika naik bus dari rawamangun, disana ada agen bus yang LEBIH BUAS dari calo tiket di terminal lainnya. Buktinya harga tiket yang kami bayarkan 180rbu hanya mendapatkan bus dengan harga 80rbu tanpa tambahan lain kecuali kata-kata “Gak usah dilihat busnya, yang penting busnya berangkat”.
Perlu diketahui, bahwa semua penumpang yang naik bus ramayana tersebut banyak yang merupakan pelanggan setia dan keran peristiwa tersebut tidak mau lagi menggunakan jasa PO RAMAYANA dari rawamangun.
Ryan pun dengan pengalaman tadi sudah tidak akan naik bus ramayana dari Rawamangun selama agen bus itu masih tetap sama yaitu ROSIDI 081318007759 dan RINA 081298308645.
Sampai saat tulisan ini dipublikasikan sudah ada 3 orang yang melaporkan peristiwa ini kepada PO RAMAYANA agar HAK AGEN ROSIDI 081318007759 dan RINA 081298308645 dicabut. kami berharap kepada PO RAMAYANA agar mencabut hak agen mereka dan menggantinya dengan agen yang lain.
Melalui tulisan inipun saya meminta kepada PO RAMAYANA agar HAK AGEN ROSIDI 081318007759 dan RINA 081298308645 dicabut.

41 thoughts on “Hati-hati Dengan Agen PO Ramayana Ini

  1. Ping-balik: INFORMASI KANTOR AGEN & PERWAKILAN PO. RAMAYANA « Ryan Blues Berbagi ^_^

  2. nambah lagi, mending tu mas ryan, kita yang tujuannya jogja malah cuma dioper di terminal bawen, itupun dapetnya bus ekonomi berdiri lagi, pokoknya parah banget, biasanya aku nyampe muntilan paling siang jam 7 pagi, eh akhirnya baru nyampe jam 16.00

    • wah waktu itu saja juga, hanya saja agak manusiawi karena yg melakukan jelas-jelas bukan agennya langsung melainkan calo-calo. So, kita bisa memmbedakan.. Lah ini? agennya yg jadi calo, lebih parah malah..

  3. sama persis dengan yang saya alami…!!! Malah dua kali saya kecewa.

    Waktu lebaran haji, pesan naik ramayana tapi akhirnya brubah jadi sari mustika

    pas liburan akhir taun, diganti bus Cahaya

    dioper di bawen juga,haduh…

  4. biasanya agen2 yang sepeti itu gadungan alias bukan resmi, mereka memang sengaja mengambil nama po tertentu untuk mengambil keuntungan. Apalagi di musim liburan atau hari raya. Itu merupakan kesempatan bagi agen abal2 untuk mencari keuntungan dari penumpang. Solusinya kita sebagai konsumen jasa perjalanan mesti hati2 dan selektif saat memilih agen. Karena agen seperti yang di atas tak ubahnya seperti rentenir. Hanya mementingkan keuntungan pribadi tanpa peduli dengan kepuasan kita sebagai konsumen.

  5. wah miris ya mas ..
    kalo memang bus penuh , dan harus menggunakan bus tambahan , yg saya ketahui si , bus’a memang Ramayana . hanya saja kali ini agen yg menyewa bus’a dan tarif’a pun sekehendak si agen ..
    Tapi ini kok malah pake bus lain ya ..
    mungkin bis sengaja di datangkan malam , supaya penumpang tidak terlalu detail melihat bus’a ..
    sejauh iini si saya tidak pernah di kecewakan oleh bang Rosidi ..

  6. ehmmmm,,,, coba dweh naik po gunung harta jam 4 sore jln jam 3 pg smp ditrminal surakarta,,,, fasilitas okeh,,, service mantabzz,,,,

    • Kl gue sich tetap ramayana bro,d banding Po lain,armada bus bagus” pelayanan ckp oke, itu Ryan psan tiket bukan lgsg ke Agen resmi nya,tp via calo..
      gue udah email ke PO Nusantara spy buka jalur jakarta-jogja via Temanggung,tp blm ada tangapan dari management nya.

    • Ramayana sebetulnya baik cuma kadang agen yg keterlaluan tiket habis bawa2 NAma ramayana di kasih bis yg bukan arah seharusnya kalo bis jurusan semarang lewat jalur trayek jogja juga menyalai aturan.. saya selalu pake ramayana

  7. Hari raya keagamaan memang biasanya berbarengan dengan hari raya dan panen para IBLIS transportasi darat, so waspadalah dalam menggunakan jasa agen bis maupun PO nya.
    Sewaktu lebaran tahun 2008, saya juga mengalami kejadian yang kurang lebih sama, Saya menggunakan jasa bis malam Shantika jurusan Rawamangun-Solo dengan tiket seharga Rp 300.000,- (eksekutif). Namun apa daya, ternyata bis yang digunakan adalah bis VIP milik Karya Jaya (seharusnya untuk tarif lebaran bis VIP hanya seharga 200 ribuan). Sejak saat itu saya berjanji tidak akan lagi mudik lebaran dengan kendaraan umum yang lewat darat dan akan seterusnya menggunakan pesawat udara meski harganya jauh lebih mahal.
    Lebih baik membayar mahal untuk pesawat daripada membayar (juga mahal karena tuslag) utk naik bis tapi dipermainkan, dipecundangi, ditipu dan diekspolitasi (duit bisa dicari lagi tapi harga diri dan kehormatan yang dilecehkan oleh bis itu yang sulit dikembalikan). Semewah-mewahnya, bis tetaplah bis, kru bis tetaplah kru bis setampan dan seramah apapun, yang secara alamiah tidak jauh2 dari kondisi lingkungan terminal yang merupakan representasi medan buas pertarungan para masyarakat kelas bawah di negeri ini.

  8. gw sh trmsuk plnggan setia bus Ramayana..dr bbrpa bus yg prnh sya tumpangi..
    mngkin t oknum dr agen yg mncri k”untungan sja..n sya lum prnh tw bus parawisata Ramayana yg mlayani rute per rute..mnrut sya ramyana ckup mmwaskan..Handoyo n ramayana t yg bgs plyananx mnrut sya..krna hmpir styp lburn smester ganjil gw PP jogja-palembang..
    prnh sekali naik Putera Remaja yg katax prusahaan terbesar d jogja..sngat2 mngecewakan..
    prnah mcet d bumi ayu 6 jam..telpon k pusatnya mlah mnta urus n mnta tnggung jwab k sopirnya..
    boro2 mw ngirim bus jmputan oper k bus lain pn tdak..aplg mw ngntarkan alatnya yg rusak..
    saran saya..kalo mw beli tiket bus jangan di Agen yg di terminal..carilah agen yg resmi atau poolnya..

    • kalau di lebak bulus gak ada yg kayak gtu..
      kalau calo, mereka bener2 calo (bukan agennya yg jadi calo).
      kalau masuk terminal ketika ada yg tanya “mbak/mas mau kemana?” gak usah dijawab..๐Ÿ™‚

  9. Riyan, orang Ambarawa? sering naek bis? aku yo AMB, dulu langganan Ramayana JOG-Bogor turun cijantung, tp udah lama naik kreta, lebih murah, krn tiap minggu pualng ke AMb

  10. Untuk mas ryan maaf ni saya cma saran
    Itu bkn salah po ramayananya tp itu salah dr agen di terminal tersebut. Karna saya notabene kenal dekat dgn beberapa supir ramayana yg mengatakan bahwa pusat tdk.pernah mengirimkan bis tambaha. Tanpa logo po ramayana. Jika musim lebaran bus tambahan dr ramayana itu merupakan bus pariwisata po ramayana dan itu kualitasnya gk kalah sama bus regulernya dan di kacanya pun di beri seri contoh untuk eksekutif di beri seri e 4 e5 dst. Jd klo bus yg mas ryan naiki itu bkn bus dr pool ramayana pusat. Karna jika ada tambahan mereka pasti mengirimkan bus dr pool
    Terimakasih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s