Tips Membaca Simbol Pakaian

Walaupun mungkin sudah banyak yang “ogah” buat mencuci pakaian, ada baiknya anda harus tahu bagaimana memperlakukan pakaian. Boleh jadi dengan pengetahuan kita, pakaian kita bisa tetap nyaman digunakan karena laundry yang kita gunakan mengikuti intruksi kita. Seringkali kita menemukan pakaian kita rusak ketika d laundry. Atau kusut tanpa alasan gara-gar kita cuci sendiri? yupz.. yang namanya pakaian memank cepat rusak padahal sudah membeli brand yang cukup beken dan terjamin? Hmm… mungkin ada perlakuan yang salah, atau mungkin Anda salah membaca labelnya… Memang benar, mencuci pakaian itu tak sekedar hanya menggunakan deterjen mahal saja. Anda tetap harus memperhatikan label petunjuk cara mencuci yang benar. Untuk itu, agar pakaian tetap awet, produsen selalu menyertakan label cara mencuci dengan benar.

Nah, bila selama ini Anda selalu mengacuhkan label tersebut. Mari mulai memperhatikannya.

Berikut panduannya untuk Anda.

Temperatur

1. Tak ada tanda – tambahan di bawah tulisan temperatur. Artinya, Anda bebas mencuci dengan cara atau kondisi apapun, di bawah suhu 40 derajat celcius.

2. Ada tanda – di bawah tulisan temperatur. Artinya, butuh perlakukan khusus untuk bahan sintetik pakaian.

3. Ada dua tanda – di bawah tulisan temperatur. Artinya, pakaian ini membutuhkan perlakuan wool-wash. Sehingga tidak bisa dicuci di sembarang mesin.

Mencuci dengan tangan

Bila ada logo mencuci dengan tangan, maka pakaian ini hanya boleh dicuci dengan tangan saja. Mencuci dengan mesin cuci akan membuat bahannya mudah rusak, atau bisa jadi rusak sekejap. Perhatikan dengan baik apabila ada logo gambar tangan di label baju Anda.

Mengeringkan

Bila ada gambar lingkaran di dalam sebuah kotak, artinya ini adalah panduan mengeringkan pakaian. Pakaian harus dikeringkan dengan suhu rendah bila hanya ada satu titik di dalam gambar. Sedangkan bila ada dua titik, maka pakaian dapat dikeringkan dengan suhu tinggi. Namun, bila ada tanda silang pada logo, maka pakaian ini tak boleh dikeringkan dengan mesin.

Menyeterika

Gambar seterika dengan satu titik artinya, pakaian harus diseterika dengan suhu rendah. Dua titik, diseterika dengan suhu hangat atau sedang. Dan bila ada tiga titik, maka pakaian bisa licin hanya bila diseterika dengan suhu tinggi saja.

Dry cleaning

Dry clean bermanfaat untuk menghilangkan noda membandel seperti tanah liat, cat, atau bahan kimia yang tumpah dan menempel, dengan menggunakan sedikit air, atau tanpa bantuan air sama sekali. Metode membersihkan ini memang cukup ampuh, namun sayangnya pakaian seringkali mengkerut atau warnanya pudar.

Nah, pakaian yang boleh dicuci dengan metode dry cleaning adalah pakaian yang memiliki gambar lingkaran. Sedangkan yang tak boleh didrycleaning, bergambar lingkaran dan dicoret dengan tanda silang. Logo P/W/F di dalam lingkaran artinya drycleaning harus dilakukan oleh profesional.

Pemutih

Kadang, untuk menghilangkan noda yang membandel, kita sering menggunakan bantuan pemutih pakaian. Padahal, baju berwarna seharusnya tidak dianjurkan menggunakan pemutih pakaian. Nah, pakaian dengan logo segitiga, adalah pakaian yang diperbolehkan menggunakan pemutih pakaian. Sedangkan logo segitiga dengan tanda silang, artinya tak boleh dicuci dengan pemutih pakaian.

Agar baju tetap awet, ikuti instruksi pada label pakaian ya,,

One thought on “Tips Membaca Simbol Pakaian

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s