Posisi Terbaik Dan Terburuk Ketika Tidur

Pernahkah merasakan nyenyak dalam tidur? Tentunya apabila kita baru saja menjalani aktivitas kerja  atau melakukan suatu hal yang berlebihan kita akan merasa nyenyak tidurnya. Tidak seperti itu yang dimaksud, tebtunya kita tanpa menjalani rutinitas yang berat baru kita merasakan tidur yang nyenyak. Masak iya orang yang  aktivitasnya sedikit di hari tersebut tidak boleh menikmati tidurnya? Walaupun Indonesia tidak dapat dikatakan sebagai negara yang ‘kaya’ seperti Negeri Paman Sam, tetapi setidaknya kita masih bersyukur. Karena saat warga Amerika Serikat makin bergantung dengan obat tidur agar bisa terlelap, penduduk Indonesia masih bisa tidur nyenyak tanpa kesulitan berarti walaupun hanya tidur beralas papan.

Hingga saat ini di Indonesia, tidur masih merupakan hal yang mudah dilakukan. Tidur bisa dilakukan di atas papan kayu hingga tempat tidur super empuk, dengan berbagai posisi yang membuat nyaman. Tetapi pernahkah Anda berpikir, dari sekian banyak posisi tidur, mana posisi yang terbaik dan dapat menopang kesehatan? Laman Genius Beauty membeberkan berbagai posisi tidur terbaik yang bisa Anda terapkan setiap hari.

Terbaik: Telentang

Posisi ini dinyatakan sebagai posisi tidur terbaik dan ideal untuk tidur malam. Posisi ini akan menopang punggung dan leher dengan baik sehingga mengurangi rasa sakit. Selain itu, tidur telentang juga akan mengurangi reflux asam dan mencegah kemunculan kerutan pada wajah. Hanya saja, posisi ini tidak cocok untuk mereka yang mendengkur dan memiliki gangguan tidur. Dan bagi mereka yang menderita sakit leher, ada baiknya menyangga leher dengan bantal yang nyaman saat tidur telentang.

Terbaik: Posisi Menyamping

Posisi yang tak kalah nyaman adalah posisi tidur menyamping. Berbagai ahli mengatakan bahwa posisi ini bisa membantu mengurangi nyeri punggung dan mereka menyarankan agar menempatkan bantal di bawah lutut untuk meringankan nyeri pinggang sekaligus dapat mengurangi dengkuran. Wanita hamil juga disarankan menggunakan posisi tidur ke samping kiri, karena aliran darah yang terhubung pada janin akan lebih lancar. Namun seringkali posisi ini membuat kaku bahu dan leher. Hati-hati juga dengan munculnya keriput pada bagian wajah yang menyentuh bantal.

Terburuk: Menghadap Bawah

Menurut dokter, posisi yang paling berbahaya adalah posisi tidur menghadap ke bawah. Selain dapat mempercepat keriput wajah, seseorang akan lebih mudah untuk mengalami cedera leher dan punggung karena tulang belakang tidak lurus pada saat tidur. Tak ketinggalan, tubuh bagian belakang dan sendi tidak bisa beristirahat jika seseorang tidur dengan posisi ini.

Diolah dari beberapa sumber.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s