Tips Untuk Menyegarkan Kembali Ingatan

Pernahkan anda merasakan suatu kondisi stagnan? Mungkin bukan cuma pernah, tapi sering kali ya?🙂 tentunya atas aktivitas membuat ingatan kita membutuhkan sebuah penyegaran?

BAgaimana caranya? apakah cukup dengan cuci muka atau mandi? Tentu saja tidak seperti itu yang dilakukan untuk mengatasinya.

Tidak perlu melakukan hal yang rumit untuk menyegarkan kembali otak. Caranya adalah dengan menciptakan lingkungan yang positif dan indah. Berikut adalah cara sederhana yang bisa kita lakukan.

1. Harmonisasi suara dan cahaya

Suara bisa menimbulkan efek merusak pada jiwa dan raga, tetapi suara yang harmonis memberikan dampak yang positif. Lakukan sebisa mungkin untuk mengurangi polusi suara. Rekamlah suara-suara yang menenangkan dan perdengarkan pada telinga beberapa menit setiap hari.

Sementara itu cahaya memiliki efek yang besar pada tubuh dan jiwa. Sinar matahari emrupakan sumber cahaya yang paling sehat karena mengandung gelombang panjang yang berpengaruh pada produksi hormon, metabolisme, dan jam biologis.

2. Mendekat pada alam

Dalam studi tahun 2008, ahli saraf John Jonides dan timnya melakukan pengukuran kemampun tes memori dan konsentrasi para mahasiswa, sebelum dan sesudah berjalan kaki.

Kelompok pertama diminta berjalan-jalan di sekitar taman yang penuh pepohonan dan bunga dan sisanya berjalan di pusat kota. Para peneliti menemukan mereka yang berjalan di taman kemampuan tes mereka naik 20 persen, sementara yang berjalan di pusat kota tidak ada perubahan.

3. Hirup udara segar

Selain suara yang harmonis dan cahaya, udara segar merupakan elemen esensial lainnya yang diperlukan untuk kesehatan jiwa dan raga. Kita mungkin tidak bisa mengubah kualitas udara di luar secara langsung, tapi kita bisa melakukannya di dalam rumah. Bila lingkungan Anda penuh dengan polusi atau debu, mungkin Anda memerlukan sistem penyaring udara.

4. Miliki hubungan yang harmonis

Orang yang memiliki hubungan yang harmonis dengan pasangannya pada umumnya lebih sehat, baik fisik atau psikis, dibanding orang yang masih melajang atau ditinggal pasangannya.

One thought on “Tips Untuk Menyegarkan Kembali Ingatan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s