Tips Jitu Perawatan Sepatu

Yang namanya sepatu memank salah satu aksesoris “terkotor” dalam penggunaannya,. Bagaimana tidak, sepatu digunakan untuk menghindarkan diri kita dari kotoran dijalan.

Lantas bagaimana agar sepatu kita tetap baik dan tahan lama? Apakah pergi saja ke masjid yang agak besar agar dapat tukang semir sepatu? atau perlu semir sepatu yang mahal dan bermerek? Berikut ada beberapa tips agar sepatu yang kita gunakan tetap terlindung dan tahan bertahun-tahun.

1. Lindungi sol sepatu

Semakin lama dipakai, sol sepatu bisa menjadi aus. McFarland seorang pakar sepatu profesional menyarankan agar sol dilapisi dengan lem khusus untuk sepatu agar tidak mudah terpeleset dan sepatu bisa bertahan lama 6 tahun.

2. Ganti sol sepatu

Sol sepatu adalah bagian yang paling cepat rata. “Jika sol Anda ada yang terbuat dari plastik, ada baiknya jika diganti dengan sol berbahan karet yang tebal, sehingga sepatu Anda dapat bertahan 5 sampai 10 kali lebih lama dari yang berbahan plastik”, jelas McFarland.

3. Hindari dari air hujan

Setelah membeli sepatu baru, apapun bahannya, semprotkan cairan pelindung untuk sepatu, agar air atau cairan lainnya tidak mudah menyerap ke sepatu. Sebaiknya semprot sepatu 4 kali setahun. Selain itu, jika sepatu kulit Anda basah karena hujan, biarkan di dalam ruangan terbuka. Dan, jangan dikeringkan dengan hair-dryer karena akan membuat sepatu mengisut.

4. Bersihkan noda

Bersihkan sepatu secepatnya ketika terkena noda. Sepatu berbahan suede baiknya dilap dengan sarung tangan berbahan handuk. Jika noda sulit hilang, gosok sebentar dengan sikat. Jika sepatu kulit yang terkena noda, maka cepat dilap dengan kain basah.

5. Jangan sampai mengerut

Ketika basah, sepatu cenderung mengerut, Untuk menjaga bentuk sepatu, pasang boot tree, yang berbentuk seperti kaki palsu, atau masukkan buntalan kertas di dalam sepatu.

6. Semir sepatu hingga mengilat

Jika warna sepatu terlihat kusam, semirlah sepatu Anda agar terlihat lebih kinclong. Sepatu kulit tua dapat dirawat dengan mengoleskan minyak pada seluruh bagian, agar sepatu tidak kaku lagi. Semir dengan warna gelap berfungsi untuk mengkilatkan sepatu kulit. Sedangkan semir dengan warna yang lebih terang, dapat menutupi kerutan pada sepatu.

7. Simpan dengan benar

Simpan sepatu di ruangan bersuhu normal. Ruangan yang terlalu panas bisa membuat sepatu mengerut. Jika sepatu basah, jangan sampai disimpan di kotaknya. Hal ini dapat menyebabkan sepatu bau dan berjamur.

8. Ganti sepatu

Tidak hanya orang yang butuh istirahat, tapi sepatu juga. Ada baiknya untuk memakai sepatu yang sama hanya 2 atau 3 kali seminggu. Sepatu akan lebih tahan lama jika tidak terlalu sering dipakai.

9. Bungkus sepatu

Cara terbaik melindungi sepatu dari debu dan kotoran adalah dengan meletakkannya pada ruang khusus sepatu dan dimasukkan ke dalam kotak sepatu berbahan katun. Kantong plastik dapat membuat sepatu kaku. Cara lainnya yaitu tata di rak sepatu dan beri jarak pada setiap pasangnya, karena dapat merusak kulit sepatu apabila terlalu berdekatan.

Selamat mencoba..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s