Mitos Yang Keliru Seputar Tidur Siang

Banyak orang yang beranggapan bahwa tidur siang itu tidak baik buat kesehatan, karena bisa bikin gemuk atau yang lain. Ada pula yang beranggapan bahwa tidur siang itu sangat penting sekali. Manakah yang benar?

Tidur merupakan salah satu kegiatan yang sangat penting dalam menjaga berlangsungnya proses metabolisme tubuh yang optimal. Setelah kita melakukan aktivitas sehari penuh, tubuh kita akan memerlukan tidur karena dari semua metode istirahat, tidur merupakan proses istirahat yang paling baik bagi kesehatan Anda. Dengan tidur tubuh akan kembali pada posisi relaksasi optimal sehingga dapat memberikan tambahan energi dan Anda akan kembali segar di saat bangun dari tidur.

Pandangan atau mitos yang beredar di masyarakat luas terkait dengan masalah tidur ini, misalnya:

Mitos: Tidur siang akan membuat kita lebih mengantuk dan sulit tidur pada malam hari.

Fakta: Tidur siang bisa mengurangi rasa kantuk di siang hari dan membuat kita lebih segar.

Lisa Shives, MD, seorang ahli medis di North Shore Sleep Medicine, mengatakan bahwa berdasarkan riset yang dilakukan pada peserta ujian, tidur siang yang dilakukan dalam waktu tidak lebih dari 10 menit akan meningkatkan kemampuan peserta dalam mengerjakan ujian tersebut.

Kesimpulannya adalah jika Anda ingin tidur siang dengan hasil yang baik maka lakukanlah dengan rentang waktu yang tidak terlalu lama, tapi jika Anda melakukannya terlalu lama maka secara alami akan mengganggu jam tidur Anda di malam hari.

Mitos: Tidur siang membuat kita cepat gemuk.

Fakta: Ternyata tidur siang tidak membuat Anda cepat gemuk.

Mitos ini tidak berlaku lagi apabila Anda memiliki aktivitas yang tinggi karena dengan aktivitas yang tinggi, tubuh akan membakar kalori lebih cepat. Kegemukan terjadi karena timbunan lemak berlebih pada tubuh Anda. Sejatinya, jika Anda beraktivitas fisik, tubuh akan membakar kalori lebih cepat sehingga mengurangi kalori yang tersimpan dalam tubuh, di mana kalori yang tidak terpakai berpotensi menjadi lemak hingga pada akhirnya terjadi penambahan berat badan.

Kesimpulannya, bukan tidur siang yang membuat Anda menjadi gemuk tetapi lebih kepada konsumsi kalori berlebih dan pola makan yang salah.

Mitos: Minuman bersoda bisa mengusir kantuk.

Fakta: Efek mengusir kantuk itu hanya sementara.

Minuman bersoda memiliki kandungan gula yang tinggi. pada awalnya manfaatnya akan terasa kuat dan membuat kita segar, tapi setelah pengaruh dari gula tersebut habis, tubuh Anda hanya akan merasakan lelah dan kantuk yang lebih kuat.

Mitos: Olahraga hanya membuat kita cepat lelah dan mengantuk.

Fakta: Olahraga yang bersifat ringan akan membuat Anda tetap segar dan terjaga dari rasa kantuk.

Di sela-sela waktu istirahat bekerja, cobalah untuk beranjak dari tempat duduk Anda dan lakukanlah peregangan otot ringan kemudian mulailah berjalan kaki untuk melancarkan kembali peredaran darah. Cukup lakukan di sekitar kantor Anda. Tidak memerlukan waktu lama, lakukan antara 5-10 menit maka tubuh Anda akan kembali segar dan terhindar dari rasa kantuk.

Sebagian orang masih beranggapan bahwa mitos tentang tidur siang ini adalah benar. Tapi riset telah membuktikan sebaliknya. Sekarang, apakah Anda ingin mengubah paradigma Anda tentang tidur siang?

Andalah yang tahu jawabannya!
Source: http://duniafitnes.com/

2 thoughts on “Mitos Yang Keliru Seputar Tidur Siang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s