Kalsium: Penting Tapi Berisiko

Hati-hati kalau Anda terlalu sering mengonsumsi suplemen yang mengandung banyak kalsium. Bukannya malah sehat tapi. Dulu waktu kecil ibu sering menyuruh kita banyak-banyak minum susu yang mengandung banyak kalsium supaya cepet gede. Tetapi ternyata kalsium mempunyai dampak yang agak menakutkan ketika Anda terlalu banyak mengonsumsinya. Seperti yg dilansir oleh Reader’s Diggest, seperti inilah kira-kira gambaran tentang kalsium yang penting tetapi ternyata berisiko.

Dulu..

Kalsium baik terutama untuk wanita. Zat yang banyak terkandung pada susu ini dapat menurunkan sekitar 20% kerusakan tulang pada masa setelah menopause.Mineral yang terkandung dalam kalsium dapat mencegah osteoporosis dan diketahui dapat menurunkan tekanan darah, mengurangi risiko kanker usus, serta membantu menurunkan berat badan.

Sekarang..

Kalsium ternyata juga berbahaya untuk hati, setidaknya kalsium yang terkandung pada pil yang Anda konsumsi. Penelitian terakhir selama tujuh tahun yang dilakukan pada lebih dari 36.000 wanita yang sudah menopause menemukan bahwa penggunaan suplemen setiap hari (1.000 mg kalsium dan 10 mg vitamin D) dapat meningkatkan risiko penyakit jantung sampai 22%. Jumlah yang mengejutkan: ketika digabung dengan data yang lain, hasil penelitian menunjukkan jika 1.000 orang mulai mengonsumsi suplemen kalsium, suplemen tersebut dapat mencegah tiga patah tulang-tetapi dapat menyebabkan enam serangan jantung atau stroke.

Sebaiknya..

Suplemen kalsium sudah kehilangan ”nama baiknya” (meskipun tidak ada yang meragukan manfaat dari makanan tinggi kalsium). Terlebih lagi, orang-orang melakukan cara lain yang lebih baik untuk mendapat mineral dari pola makan mereka. “Untuk menjaga kesehatan badan dan tulang supaya tetap kuat, lakukan banyak latihan beban dan makanlah banyak makanan yang cukup susu dan rendah lemak. Dan cukup mengonsumsi vitamin D, ini akan membantu menyerap kalsium” Kata ahli jantung Nieca Goldberg, penulis DR. NIECA GOLDBERG’S COMPLETE GUIDE TO WOMEN’S HEALTH. Menurut Aurelia Nattiv, MD, direktur UCLA Osteoporosis Center: “Cara terbaik mendapatkan kalsium adalah melalui makanan dan jika suplemen dibutuhkan, Anda harus mengonsumsi tidak lebih dari 600 mg/hari.”

Hidup sehat adalah pilihan. Tentunya Anda tidak mau terkena stroke ataupun serangan jantung kan? Mulai sekarang mengurangi konsumsi suplemen kalsium merupakan suatu keharusan. Untuk menggantinya lebih baik perhatikan pola makan Anda. Jika hidup Anda sehat, kebahagiaan akan menjadi milik Anda.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s